LKBN ANTARA mendukung peningkatan UMKM di kaki Gunung Rinjani Lombok NTB

id LKBN Antara ,UMKM Sembalun Rinjani,Gunung Rinjani,Rinjani

LKBN ANTARA mendukung peningkatan UMKM di kaki Gunung Rinjani Lombok NTB

Sekretaris LKBN Antara, Azhari (kiri) saat menyerahkan cinderamata kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Timur, Safwan saat acara pelatihan UMKM di Sembalun dalam rangka meningkatkan pertumbuhan UMKM, Senin (22/5/023) (ANTARA/Dhimas)

Mataram (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA menggelar pelatihan bagi UMKM di Sembalun atau kaki Gunung Rinjani Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka meningkatkan strategi komunikasi bisnis dan standar penyajian produk UMKM di daerah setempat, Senin.

"Program dari Perum LKBN ANTARA untuk mendukung peningkatan pertumbuhan UMKM di Sembalun Rinjani," kata Sekretaris Perum LKBN ANTARA, Azhari saat membuka kegiatan tersebut di Mataram, Senin.

Perum LKBN ANTARA telah  melaksanakan kegiatan ini yang ketiga kalinya dengan tujuan meningkatkan peran dari LKBN  membantu masyarakat serta pemerintah meningkatkan produk maupun kesejahteraan masyarakat.

"Ini salah satu bentuk kepedulian ANTARA dengan melaksanakan program yang bisa memberikan andil besar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Menurutnya, potensi alam di kawasan Sembalun ini sangat strategis, karena lokasi sangat strategis dengan sektor pariwisata dan wisatawan yang datang tidak hanya wisatawan lokal, namun warga negara asing (WNA).

"Potensi ini seperti kepentingan Surga dari Allah SWT," katanya.

Dengan adanya potensi itu, diharapkan semua pihak termasuk masyarakat harus bisa menyiapkan produk UMKM seperti tenun dan olahan makanan untuk mendukung pengembangan pariwisata di Rinjani, NTB pada umumnya.

LKBN ANTARA sebagai perusahaan BUMN memiliki tanggung jawab sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga diharapkan sinergitas LKBN ANTARA dengan pemerintah maupun masyarakat harus terus ditingkatkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi UMKM.

"Apa yang disampaikan narasumber ini adalah untuk meningkatkan kapasitas UMKM. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: Menteri BUMN angkat direksi baru Perum LKBN ANTARA, berikut nama-namanya

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lombok Timur, M. Safwan mengatakan, Sembalun memang memiliki alam yang indah, sehingga bisa menjadi daya tarik peningkatan wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Potensi ini harus dikembangkan, Jagan sampai warga menjadi penonton,"katanya.

Baca juga: Antara NTB terpilih jadi biro terbaik kedua di Indonesia

Kawasan Sembalun di kaki Gunung Rinjani ini tidak hanya terkenal dengan alam, namun hasil produksi alam seperti tanaman Stroberi, Kentang, Wortel dan Kopi menjadi salah satu unggulan dalam pengembangan UMKM.

Pemerintah daerah juga terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan produk UMKM.

Baca juga: LKBN ANTARA mendukung peningkatan UMKM di kaki Gunung Rinjani

"Produk UMKM ini hanya dipasarkan di lokal, namun bisa menyasar pasar global. Program ini   merupakan peluang bagi UMKM kita," katanya.