Rumah BUMN PLN dorong UMKM di Sumbawa naik kelas

id PT PLN,Rumah BUMN,Kabupaten Sumbawa,Rumah BUMN PLN dorong UMKM di Sumbawa, Sumbawa

Rumah BUMN PLN dorong UMKM di Sumbawa naik kelas

Pelatihan UMKM yang digelar oleh Rumah BUMN PLN di Aula Olive Foodcourt Sumbawa, NTB. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumbawa, Nusa Tenggara Barat terus konsisten mendukung pelaku usaha dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan. 

Di Kabupaten Sumbawa, dukungan PLN tampak dengan hadirnya Rumah BUMN Sumbawa yang secara signifikan melalui berbagai program terus membantu dan memajukan UKM yang bergabung sebagai anggota. 

Kali ini, PLN UP3 Sumbawa melalui Rumah BUMN Sumbawa telah melaksanakan kegiatan pelatihan UMKM yang bertempat di Aula Olive Foodcourt Sumbawa. Kegiatan yang diikuti oleh total 121 pelaku UMKM di Sumbawa  terdiri berbagai bidang usaha di antaranya bisnis makanan dan minuman, kerajinan, kecantikan, dan jasa. 

Salah satu peserta yang hadir, Wahyu pemilik usaha makanan mengatakan dirinya menyambut antusias kegiatan pelatihan yang digelar oleh Rumah BUMN Sumbawa. Menurutnya, pelatihan tersebut berpotensi memajukan ekonomi masyarakat. "Bagus sekali, dengan adanya pelatihan dari Rumah BUMN Sumbawa PLN, kita dapat bersama-sama memajukan perekonomian di Kabupaten Sumbawa," katanya.

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu yang bertema optimalisasi penggunaan media sosial instagram sebagai media promosi produk, pengelolaan keuangan bisnis, dan mengenali psikologi calon pembeli (customer) pada sesi yang terakhir.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Sumbawa memaparkan bahwa PLN memiliki tanggung jawab dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan. Kegiatan pendampingan ini sejalan dengan prinsip Environment, Sustainability and Governance (ESG) dan diharapkan dapat mendorong perekonomian masyarakat sekitar sehingga PLN bisa menerapkan Creating Share Value (CSV).

"PLN secara konsisten mendukung peningkatan ekonomi di tengah masyarakat. Kita punya kekuatan identitas lokal yang khas. Tugas kita meningkatkan tampilan packaging, promosi sekaligus strategi penjualan," ujar Gamal.

Baca juga: Tagihan listrik belum ke luar? yuk cek perkiraan lewat fitur catat meter mandiri PLN Mobile
Baca juga: PLN raih predikat Green Ratings di sektor energi dan pertambangan
Baca juga: PLN raih predikat Green Ratings di sektor energi dan pertambangan


Ia menyatakan pihaknya siap mendukung kemajuan ekonomi masyarakat guna memudahkan para pelaku UMKM meningkatkan pemasaran produk dan memenangkan daya saing. Ia pun berharap kehadiran Rumah BUMN di Sumbawa akan mendorong peningkatan kapasitas pelaku UMKM mitra binaan PLN sekaligus menjadi motor penggerak laju roda perekonomian di Sumbawa.

"Semoga dengan hadirnya Rumah BUMN Sumbawa ini dapat menjadi pemicu bergeraknya roda perekonomian yang lebih kuat dan cepat," ucap Gamal.