Ratusan koper JCH Lombok Tengah mulai dikirim ke Asrama haji

id JCH Lombok Tengah ,Koper JCH Lombok Tengah,haji di Lombok Tengah,Kemenag Lombok Tengah,Lombok Tengah

Ratusan koper JCH Lombok Tengah mulai dikirim ke Asrama haji

Koper JCH Lombok Tengah, NTB, saat dikumpulkan di Kantor Kementerian Agama Lombok Tengah untuk dikirim ke Asrama Haji Lombok, Senin (5/6/2023) (FOTO ANTARA/Akhyar)

Praya, NTB (ANTARA) - Ratusan koper jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai dikirim menuju Asrama Haji Lombok, Mataram, Senin (5/6) 2023. "Pengiriman koper JCH Lombok Tengah mulai dilakukan hari Senin (5/6) ini," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Lombok Tengah, H Lalu Samsul Hadi di Praya, Senin.

Pengiriman koper JCH Lombok Tengah ini dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama koper JCH yang dikirim itu yang masuk kloter 2, baru kemudian kloter 9, kloter 11 dan kloter 12 . "Untuk barang bawaan JCH akan dilakukan pemeriksaan di Asrama Haji sebelum dikirim ke Mekkah," katanya.

Ia menjelaskan untuk barang yang diperbolehkan di bawah oleh para JCH tersebut telah dilakukan sosialisasi kepada para jamaah, sehingga diharapkan para JCH tidak membawa barang yang dilarang. "Para jamaah kita harapkan tidak membawa barang yang dilarang," kata Samsul Hadi.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, H Nasrullah mengatakan jumlah JCH yang diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah 2023 ini mencapai 932 jamaah, setelah mendapatkan penambahan kuota dari 844 jamaah. "Alhamdulillah kita mendapatkan kuota tambahan haji 2023 cukup banyak," katanya.

Dari 932 JCH yang melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah tersebut terbagi menjadi empat kloter yakni kloter 2, kloter 9, kloter 11 dan kloter 12 . "Satu kloter utuh yakni kloter 2 dan tiga kloter campuran termasuk JCH tambahan," katanya.

Sementara itu jadwal keberangkatan JCH yang masuk kloter utuh sebanyak 393 jamaah atau kloter 2 mulai masuk asrama haji tanggal 7 Juni dan diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi tanggal 8 Juni 2023. Kemudian, kloter 09 sebanyak 237 jamaah tergabung dengan rombongan jemaah haji asal Lombok Barat masuk asrama haji tanggal 16 Juni dan diberangkatkan tanggal 17 Juni.

Baca juga: Kloter pertama jemaah haji Embarkasi Lombok NTB rencana di lepas Menag
Baca juga: 8.479 JCH diberangkatkan lewat Bandara Soetta


Kloter 11 sebanyak 138 jemaah tergabung dengan JCH dari Mataram dan Dompu masuk asrama tanggal 19 Juni dan diberangkatkan tanggal 20 Juni. Sedangkan kloter 12 sebanyak 85 jamaah masuk asrama tanggal 20 Juni dan diberangkatkan tanggal 21 Juni 2023, demikian Nasrullah.