Bupati mengingatkan JCH Lombok Tengah patuhi aturan di Mekkah

id Haji Lombok Tengah,Calon Haji Lombok Tengah,JCH Lombok Tengah,Haji,calon haji,lombok tengah,Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri

Bupati mengingatkan JCH Lombok Tengah patuhi aturan di Mekkah

JCH Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat saat acara pelepasan di halaman kantor Bupati setempat, Rabu (7/6/2023) (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, H Lalu Pathul Bahri meminta kepada jamaah calon haji (JCH) yang diberangkatkan menuju Tanah Suci supaya mematuhi larangan dan aturan di Mekkah, Arab Saudi.

"Kita sebagai tamu harus menghargai dan mematuhi aturan yang diberlakukan di Tanah Suci Mekkah," katanya saat melepas ratusan JCH Lombok Tengah di halaman kantor Bupati Lombok, Rabu.

Ia juga berharap kepada jamaah yang melaksanakan ibadah haji untuk menyiapkan diri, karena jika harus menyelesaikan diri dengan aturan yang ditetapkan di Mekkah.

"Kalau kita datang sebagai tamu pasti dihadapkan dengan etika yang baik dan benar," katanya.

Menurutnya, para JCH yang diberangkatkan haji 2023 ini tidak mengenal kaya maupun miskin, namun siapapun itu jika dikatakan mampu bisa melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci .

"Kita harus menyiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci mulai sekarang sebelum tiba di Mekkah," katanya.

Ia mengatakan dalam melaksanakan ibadah haji bukan hanya sekedar berdoa, namun melaksanakan ibadah fisik. Sehingga para JCH diharapkan untuk tetap menjaga kesehatan, supaya bisa melaksanakan rukun ibadah haji dengan ketentuan atau syariat Islam.

"Jaga kesehatan mulai dari sekarang, karena cuaca di Mekkah cukup panas," katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga berharap kepada para jemaah untuk mendoakan kesejahteraan dan kemajuan pembangunan di Lombok Tengah, karena doa yang dipanjatkan  jamaah di Mekkah cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

"Mari kita sama-sama berdoa untuk kesehatan para jemaah supaya mereka tetap diberikan kesehatan dan bisa kembali dengan selamat ke kampung halaman," katanya.