70 JCH cadangan di Lombok Tengah bisa melaksanakan haji

id calon haji di Lombok Tengah,JCH Lombok Tengah,Kemenag Lombok Tengah,haji lombok tengah,lombok tengah

70 JCH cadangan di Lombok Tengah bisa melaksanakan haji

JCH saat mengikuti kegiatan manasik haji di kantor Kementerian Agama Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, dari 94 jamaah calon haji (JCH) cadangan, sebanyak 70 orang dipastikan berangkat menuju tanah suci Mekkah 2023 untuk melaksanakan ibadah haji.

"Sebanyak 876 jamaah diberangkatkan ke tanah suci, setelah kuota haji Lombok Tengah mengalami penambahan dari sebelumnya hanya 844 orang," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Lombok Tengah, H Lalu Samsul Hadi di Praya, Selasa.

Ia mengatakan, adanya penambahan kuota haji 2023 untuk Kabupaten Lombok Tengah tersebut membuat JCH yang masuk dalam daftar cadangan bisa diberangkatkan menuju tanah suci Makkah.

"Sebanyak 876 JCH itu meliputi 806 JCH reguler dan 70 JCH cadangan," katanya.

Ia menjelaskan, Kemenag Lombok Tengah mendapatkan kuota haji sebanyak 844 orang, namun dari kuota tersebut 38 orang belum melunasi Bipih atau mereka menunda keberangkatan dengan berbagai alasan.

"Mulai dari sakit, meninggal dunia hingga menunda karena ingin berangkat bersama keluarga makanya tersisa 806 untuk orang," katanya.

Namun, karena ada tambahan kuota haji untuk cadangan hingga 70 orang, sehingga dipastikan yang akan berangkat ke tanah suci Makkah itu menjadi 876 orang.

"Keberangkatan JCH Lombok Tengah dibagi menjadi empat kloter, yakni kloter 2, kloter 9, kloter 11 dan kloter 12," katanya.