240 peserta ikuti Fornas VII di Jawa Barat

id FORNAS VII Jawa barat, Maluku, Ambon, KORMI Maluku, Widya Pratiwi,Olahraga rekreasi

240 peserta ikuti Fornas VII di Jawa Barat

Pelepasan kontingen Fornas Maluku oleh KORMI Maluku. ANTARA/DedyAzis

Ambon (ANTARA) - Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Maluku, mengirimkan sebanyak 240 peserta pada Festival olahraga nasional (Fornas) VII 2023 di Jawa Barat. "Fornas ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, kebugaran, kecerdasan, dan kualitas manusia, melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah dan nasional," ujar Ketua umum KORMI Maluku Widya Pratiwi saat melepas kontingen KORMI Maluku di Ambon, Rabu.

Menurutnya Fornas juga sebagai sarana untuk menanamkan nilai moral, akhlak mulia, sportivitas, kompetitif, disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkokoh ketahanan nasional, mengangkat harkat dan martabat kehormatan bangsa, mempererat interaksi sosial yang kondusif dan memperkokoh ketahanan nasional serta meningkatkan produktifitas ekonomi nasional.

Dirinya menyampaikan bahwa ada peningkatan jumlah peserta di tahun ini, dan berpesan kepada para peserta bahwa mereka adalah orang-orang yang terpilih sebagai duta olahraga. “Pelaksanaan Fornas ke VII ini bertempat di Bandung dimulai dari 2-9 Juli 2023, dan Maluku mengikuti 13 Kegiatan Induk Olahraga, dengan menyertakan 240 peserta, yang pada tahun lalu hanya diikuti oleh 107 peserta dari Maluku,” ungkap Widya.

Untuk itu ia juga berpesan kepada para peserta agar menjaga kondisi badan sehingga tetap sehat dan memiliki stamina yang prima selama mengikuti Fornas Jawa Barat. Widya, atas nama KORMI Maluku juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui Gubernur Maluku, yang selama dua tahun berturut-turut mengkoordinir secara khusus dan mengupayakan semaksimal mungkin untuk membantu peserta.

“Sebelum pelepasan kontingen pada hari ini, telah dilakukan Rapat Persiapan yang dilaksanakan pada 11 April 2023 di Aula Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku, dan telah memberangkatkan Sebagian peserta pada 15 Juni yang lalu dan akan disusul oleh peserta lainnya pada 29 Juni mendatang.” Ungkapnya.

Menutup arahannya, Widya mengatakan selamat berjuang kepada para kontingen, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menyertai perjalanan dan perjuangan kita, dan bisa kembali dengan menjadi juara.  Sementara itu Gubernur Maluku yang diwakili oleh Sekda Maluku Sadali Ie menyampaikan bahwa keikutsertaan kontingen KORMI Provinsi Maluku dalam Fornas VII ini, harus dimanfaatkan oleh anggota kontingen, untuk membangun ikatan persaudaraan dan kekeluargaan bersama dengan para kontingen KORMI Se-Indonesia, serta memperkenalkan Maluku, baik dari aspek sosial, ekonomi, budaya, dan pariwisata.

Baca juga: Bandung berharap CSS-Fornas berikan "multiplier effect"
Baca juga: 11.000 orang mengikuti kegiatan olahraga santai Wonosobo


“Kita semua tentunya berharap kepada kontingen KORMI Provinsi Maluku, sebagai duta olahraga rekreasi, agar dapat menjaga kekompakan, dan senantiasa menjunjung tinggi sportifitas selama mengikuti festival," kata dia.

Ia pun memastikan bahwa, Pemerintah Daerah akan mendukung dan menaruh perhatian serius, terhadap semua induk olahraga, termasuk KORMI Provinsi Maluku.