Kontingen Banten meraih peringkat empat pada Fornas VII Jabar

id Fornas,kontingen banten

Kontingen Banten meraih peringkat empat pada Fornas VII Jabar

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar foto bersama kontingen fornas VII Banten di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Senin. (Mulyana)

Serang (ANTARA) - Provinsi Banten meraih peringkat empat pada penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII 2023 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang berakhir pada Minggu (9/7). Kontingen Provinsi Banten mendapat 123 medali, terdiri dari 42 emas, 37 perak, dan 44 perunggu. Perolehan medali tersebut melampaui yang ditargetkan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Banten yaitu masuk dalam 5 besar.

"Kita mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para atlet yang telah menorehkan prestasi tersebut," kata Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar di Pendopo Gubernur Banten, di Serang, Senin.

Al Muktabar mengatakan, Pemprov Banten merasa bangga atas prestasi-prestasi yang telah diraih tersebut, terlebih pada Fornas kali ini kontingen Provinsi Banten berhasil menempati posisi 4 besar. Yang sebelumnya ditargetkan untuk masuk dalam 5 besar. "Ini sudah melampaui target yang kita pesankan, dan itu bagian dari membawa nama baik Provinsi Banten dalam agenda Fornas di Jawa Barat," katanya.

Sementara peringkat pertama ditempati Jawa Barat dengan 169 emas, 162 perak, dan 133 perunggu. Peringkat kedua Jawa Timur dengan 71 emas, 69 perak dan 64 perunggu. Disusul DKI Jakarta 67 emas, 65 perak dan 69 perunggu. Ketua KORMI Banten Nur’aeni menyampaikan rasa syukur atas perolehan Provinsi Banten masuk peringkat 4 dalam Fornas VII di Bandung, Jawa Barat. Perolehan Hasil itu pun diumumkan saat penutupan berlangsung.

“Berdasarkan hasil pengumuman secara resmi di penutupan bahwa posisi Provinsi Banten berada di peringkat 4," kata Nur’aeni.

Dengan perolehan peringkat itu, Nur’aeni mengapresiasi seluruh pegiat Fornas VII yang berasal dari Provinsi Banten. Menurutnya, kerja keras dan kekompakan semua tim menjadi salah satu kunci Banten masuk 4 besar. “Mengapresiasi perjuangan seluruh pegiat yang membawa Provinsi Banten. Baik yang dibiayai APBD Provinsi Banten maupun APBD Kabupaten dan Kota. Serta pegiat, pendamping yang berangkat secara mandiri ke Jawa Barat,” katanya.

Nur’aeni menjelaskan bahwa, memang tim dari Provinsi Banten ada yang berangkat ke Fornas VII dibiayai APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota, ada juga yang berangkat secara mandiri. “64 persen dari 1.200 yang berangkat dari Banten itu biaya mandiri. Sisanya dibiayai APBD Provinsi dan Kabupaten dan Kota,” katanya.

Nur’aeni juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Komisi V DPRD Banten. Dukungan yang diberikan Pj Gubernur Banten dan Komisi V DPRD Banten menurut Nur’aeni, menambah semangat para pejuang Fornas VII dari Provinsi Banten. "Menambah semangat teman-teman yang berjuang. Sehingga target bisa terpenuhi,” katanya.

Ketua Kontingen Provinsi Banten Jasmara Bahar juga mengaku bangga dengan perolehan perwakilan dari Provinsi Banten. “Sangat bangga dan mengapresiasi seluruh pegiat, pelatih dan rekan-rekan panitia yang sudah memberikan pelayanan terhadap atlet-atlet,” katanya.

Baca juga: Pengisian awal Bendungan Karian Banten September 2023
Baca juga: Tim SAR dikerahkan cari nelayan hilang di Perairan Banten


Menurutnya, seluruh tim perwakilan dari Provinsi Banten kompak dalam memberikan pelayanan dan perjuangan selama Fornas VII di Bandung berlangsung. “Bisa selalu kompak dalam melayani pejuang Banten di arena laga," katanya.