Wagub: Presiden akan hadiri "grounbreaking" hotel Mandalika Resort

id Mandalika Resort

Wagub: Presiden akan hadiri "grounbreaking" hotel Mandalika Resort

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat, Franky Sibarani (kanan), saat mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort di pantai Tanjung Aan, Desa Kuta, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (21/5). (ANTARA NTB/Ahmad Subaidi/

Oleh Awaludin

Mataram (Antara NTB) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H Muhammad Amin mengatakan Presiden Joko Widodo berencana menghadiri "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan hotel di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Resort, Kabupaten Lombok Tengah, pada Agustus 2015.

"Kami sudah rapat mengenai persiapannya dengan mengundang Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan PT Indonesia Tourism Developement Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan Mandalika Resort," kata Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Muhammad Amin, di Mataram, Kamis.

Presiden Jokowi menjanjikan tambahan anggaran sebesar Rp1,8 triliun dan menginstruksikan PT ITDC mempercepat pembangunan kawasan wisata andalan di wilayah selatan Kabupaten Lombok Tengah itu.

"Jadi Pak Jokowi akan datang lagi ke Lombok untuk peletakan batu pertama pembangunan tiga hotel, salah satunya yang akan dikelola oleh manajemen Hotel JW Marriot. Rencananya pada Agustus 2015. Kami akan kawal rencana ini," ujarnya.

Di Mandalika Resort seluas 1.175 hektare akan dibangun kawasan wisata terintegrasi yang dikelola oleh ITDC.

Badan usaha milik negara (BUMN) itu akan mulai membangun hotel pada 2015 dengan rencana anggaran sebesar Rp250 miliar, termasuk untuk pembangunan akses jalan tahap lanjutan.

Hotel milik ITDC ini direncanakan akan menggunakan Manajemen Marriott sebagai operator dengan target "ground breaking" atau peletakan batu pertama pada Agustus 2015, dan mulai beroperasi pada 2017.

Properti pariwisata lain yang memiliki target pembangunan mulai 2015 adalah lapangan golf dan satu hotel yang akan dibangun oleh MNC, satu hotel yang akan dibangun oleh Dharmakusala dan satu hotel milik ITDC.

Pemerintah telah menetapkan Mandalika Resort sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 tahun 2014, di mana investor akan menikmati insentif sebagai daya tarik investasi di Mandalika Resort.

Selain melakukan peletakan batu pertama, kata Amin, Presiden Jokowi juga dijadwalkan meresmikan pabrik gula pasir, di Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu.

"Kami sudah ketemu dengan Presiden Jokowi. Insya Allah Presiden akan datang, tapi memang tidak mudah mengatur waktu, namun dengan komunikasi yang intensif, kami optimis beliau datang, seperti waktu acara "Tambora Menyapa Dunia" presiden hadir," katanya. (*)