Realisasi PAD Sumsel capai Rp2,27 triliun

id sumsel,pad sumsel,penerimaan pajak,bapenda sumsel

Realisasi PAD Sumsel capai Rp2,27 triliun

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Sumatra Selatan Neng Muhaibah (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Provinsi Sumatra Selatan Neng Muhaibah menjelaskan  hingga 17 Juli 2023 realisasi pendapatan asli daerah (PAD) di wilayah itu mencapai Rp2,27 triliun atau 54,86 persen dari target senilai Rp4,14 triliun.

"Dari realisasi PAD itu ada lima item, pemasukan pajak di Provinsi Sumsel, yaitu pajak kendaraan bermotor (PKB) sudah masuk senilai Rp617,78 miliar, bea balik nama kendaraan motor senilai Rp613,98 miliar, pajak bahan bakar kendaraaan bermotor (PBB-KB) Rp782,93 miliar, pajak air permukaan (PAP) senilai Rp6,89 miliar, dan pajak rokok Rp261,35 miliar," katanya di Palembang, Rabu.

Dalam memaksimalkan target PAD Sumsel 2023, pihaknya memberlakukan pemutihan atau penghapusan pajak kendaraan bermotor sejak 1 April hingga 23 Desember 2023, dan antusias masyarakat mengikuti program tersebut itu tinggi.

“Maka dari itu, kami mengajak masyarakat yang masih memiliki tunggakan pajak beberapa tahun terakhir diharapkan segera memanfaatkan program pemutihan pajak yang membebaskan sanksi administratif dan denda,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan terus berupaya menyiapkan program pelayanan yang bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan proses pembayaran pajak dan juga melakukan penagihan kepada wajib pajak sehingga target PAD 2023 dapat tercapai.

Selain itu, ia mengatakan bisa melakukan pembayaran pajak di unit pelayanan Samsat Keliling, pelayanan di pusat perbelanjaan/mal, dan melalui anjungan tunai mandiri (ATM) bank milik daerah, dan melalui kanal digital yaitu e-Dempo dan Samsat Digital Nasional (SIGNAL). ”Untuk masyarakat yang berada di luar wilayah Sumsel bisa membayarkan pajaknya melalui kanal digital tersebut, sehingga tidak perlu repot lagi  ke kantor,” ujarnya.

Baca juga: Angka kemiskinan di Sumsel turun jadi 11,78 persen
Baca juga: Sriwijaya Travel Fest tarik wisatawan berkunjung ke Sumsel


Neng mengatakan, pihaknya optimistis mencapai target PAD 2023 dengan upaya-upaya yang telah dilakukan. ”Pada tahun-tahun sebelumnya PAD Sumsel selalu memenuhi target, maka dari itu kami juga optimistis dapat memenuhi target PAD 2023,” kata dia.