APJII umumkan IIXS 2023 ajang unjuk potensi konektivitas

id DIALS, APJII, IIXS 2023, transformasi digital, konektivitas digital Indonesia

APJII umumkan IIXS 2023 ajang unjuk potensi konektivitas

Ketua Umum APJII Muhammad Arief. (ANTARA/HO-APJII)

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) secara resmi mengumumkan Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2023 kembali diselenggarakan sebagai ajang untuk menunjukkan potensi konektivitas digital yang dapat memajukan Indonesia.

IIXS 2023 merupakan edisi yang kelima dan diadakan mulai 10-12 Agustus 2023 di Hall D1, Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"IIXS 2023 adalah refleksi dari komitmen APJII untuk mendorong kemajuan Ekonomi Digital Indonesia. Dengan menghimpun berbagai perusahaan di lanskap industri digital, kita berupaya menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya sebagai pasar, tapi juga sebagai pemimpin dan penggerak dalam perkembangan teknologi digital," kata Ketua Umum APJII Muhammad Arif dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Acara yang mengangkat tema "Connectivity, Security, and Inclusivity" itu disiapkan untuk menampilkan beragam inovasi teknologi terbaru yang menonjolkan kemajuan teknologi dan konektivitas di Indonesia serta potensinya yang dapat dicapai dalam skala global.

Didukung juga oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), IIXS 2023 siap menampilkan lebih dari 200 perusahaan teknologi papan atas dari berbagai sektor mulai dari cloud dan big data, manufaktur perangkat komunikasi atau komputer hingga IoT. Tidak hanya dari Indonesia, partisipasi juga datang dari berbagai negara seperti China, Singapura, India, Brazil, dan Jepang, menunjukkan signifikansi serta cakupan internasional dari acara ini.

Arief mengatakan tema itu diharapkan bisa menguatkan komitmen industri yang sejalan dengan visi pemerintah untuk menyukseskan transformasi digital nasional. "Ketiga pilar ini adalah pondasi yang kuat untuk masa depan industri digital kita. Dalam IIXS 2023, kita akan mendiskusikan bagaimana kita dapat membuat masyarakat dapat terkoneksi dalam ekosistem digital yang inklusif, sehingga menciptakan dampak yang lebih besar bagi masyarakat dan perekonomian," ujar Arief.

Selain sebagai ajang pameran inovasi, IIXS 2023 disiapkan juga menjadi ruang untuk terciptanya kegiatan bussiness matching, pertemuan antar industri, hingga pelaksanaan konferensi Digital Industry Association Leaders Summit (DIALS).

DIALS akan diikuti oleh para sekretaris jenderal dan ketua umum dari asosiasi-asosiasi yang terdapat di dalam lanskap industri teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) Indonesia. Acara itu menjadi langkah awal APJII dalam inisiasi kegiatan pertemuan antar pemimpin asosiasi industri TIK di tingkat regional Asia Pasifik, yang rencananya akan diadakan pada 2024.

Baca juga: Telkomsel luncurkan "Telkomsel One", solusi all in one internet pasti terkoneksi dengan kecepatan hingga 2 Gbps
Baca juga: Upaya APJII ratakan akses internet untuk transformasi digital


"DIALS bukan hanya pertemuan para pemimpin industri TIK di Indonesia, tapi, juga langkah penting menuju kolaborasi yang lebih erat di antara pelaku industri digital di regional. Melalui inisiatif ini, kita ingin membangun jaringan yang kuat dan menyelaraskan strategi di tingkat Asia Pasifik, untuk memastikan bahwa Indonesia terus menjadi bagian penting dari ekosistem teknologi yang berkembang pesat ini," kata Arief.