Pj Gubernur NTB berziarah ke makam pahlawan nasional di Pancor

id pahlawan nasional NTB,tuan guru pancor,hari pahlawan 2023

Pj Gubernur NTB berziarah ke makam pahlawan nasional di Pancor

Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat Lalu Gita Ariadi didampingi mantan Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalillah berziarah ke makam Pahlawan Nasional TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di Pancor, Lombok Timur, Jumat (10/11/2023). (ANTARA/HO Pemprov NTB)

Lombok Timur, NTB (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi bersama mantan Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalillah berziarah ke makam pahlawan nasional Maulana Syeikh Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di Desa Pancor, Kabupaten Lombok Timur, pada peringatan Hari Pahlawan Nasional, Jumat.

Ziarah diawali dengan upacara penghormatan bagi pahlawan lalu dilanjutkan dengan pembacaan doa bagi arwah para pahlawan dan tabur bunga di makam pahlawan.

Penjabat Gubernur NTB mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk melakukan refleksi dan menguatkan tekad untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.

"Kita memiliki tekad yang kuat untuk mengasah potensi agar negara kita menjadi negara yang maju dan sejahtera," katanya.

Perjuangan para pahlawan pada masa lalu untuk mewujudkan kemerdekaan, menurut dia, harus dilanjutkan dengan perjuangan untuk membangun negara dan mewujudkan kesejahteraan bangsa.

Sementara itu, akademisi STKIP Hamzanwadi Pancor Muhammad Halqi mengatakan bahwa Maulana Syeikh TGKH Zainuddin Abdul Majid merupakan pahlawan pendidikan dan dakwah yang bisa menjadi inspirasi bagi generasi penerus untuk mengembangkan pendidikan dan dakwah.

TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau Tuan Guru Pancor wafat pada 21 Oktober 1997 dan dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Darunnahdlatain di Desa Pancor, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB.

Pada 9 November 2017, Tuan Guru Pancor dianugerahi gelar pahlawan nasional untuk dedikasi dan jasa besarnya dalam perjuangan untuk merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan.