Ribuan jamaah di NTB mengikuti ziarah makam pahlawan nasional

id Harus Pahlawan Nasional di NTB ,Ziarah Makam Pahlawan Nasional NTB

Ribuan jamaah di NTB mengikuti ziarah makam pahlawan nasional

Kegiatan ziarah makam pahlawan nasional Almagfurullah Zainuddin Abdul Madjid dan makam TGH Muhammad Sholeh Hambali di Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Timur, Sabtu (11/11/2023). (ANTARA/Kemenag NTB).

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 22 ribu keluarga besar Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat mengikuti ziarah makam pahlawan nasional Almagfurullah Zainuddin Abdul Madjid dan makam TGH Muhammad Sholeh Hambali, Sabtu.

Kepala Kanwil Kemenag NTB, Zamroni Aziz mengatakan, keluarga besar pondok pesantren, kementerian agama, madrasah, lintas agama dan seluruh elemen masyarakat mengikuti kegiatan ziarah makam dalam rangka memeriahkan Hari Pahlawan 2023.

"Alhamdulillah hari ini dua tokoh yang bisa kita kunjungi, yaitu TGH Muhammad Soleh Hambali, beliau adalah tokoh Nahdlatul Ulama dan TGH Muhammad Zainuddin Abdul Majid, pahlawan nasional," ujarnya.

Menurut Zamroni, dua tokoh ini adalah repsentasi dari seluruh unsur yang di NTB ini dari Nahdlatul Ulama (NU) dan Nahdlatul Wathan (NW).

Ziarah makam adalah salah satu cara menghargai dan menghormati para pendahulu yang sudah berjasa untuk masyarakat, bangsa dan negara terutama di NTB ini.

"Semua unsur elemen tokoh agama, tokoh masyarakat, semua ormas yang ada, tokoh lintas agama dan semua partai kami undang," katanya.

Zamroni menjelaskan, TGH Muhammad Saleh Hambali merupakan tokoh dari NU yang sudah mencetak para tuan guru, para masyayikh, termasuk keberkahan masuk dalam dirinya secara pribadi.

"Memang tidak berguru langsung sama beliau, tapi anak-anak murid beliau adalah guru kami," ucap Zamroni.

Selain itu, TGH Muhammad Saleh Hambali perintis Pondok Pesantren Darul Qur'an. Di mana dulu, Bung Karno pernah singgah saat menjadi presiden.

Di Ponpes Nurul Qur'an, Bung Karno pernah mampir saat menjadi Presiden. Dulu tidak ada telepon, HP, tapi kami yakin Bung Karno adalah wali, maka yang mengetahui waliyullah adalah waliyullah.