Forkopimda Kota Sukabumi memastikan perayaan Natal lancar dan aman

id Perayaan Natal ,Kota Sukabumi ,Forkopimda Kota Sukabumi

Forkopimda Kota Sukabumi memastikan perayaan Natal lancar dan aman

Rombongan Forkopimda Kota Sukabumi saat memantau persiapan malam Misa Natal 2023 di Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan Zaenal Zakse, Kota Sukabumi, Jabar, Minggu, (24/12/2023). ANTARA/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi memastikan perayaan Natal 2023 di Kota Sukabumi, Jawa Barat, berjalan dengan lancar, aman dan nyaman, berkat kerja sama seluruh pihak.

"Kami pada Minggu, (24/12) mengunjungi sejumlah gereja yang digunakan untuk merayakan Natal yang tujuannya untuk memantau kondisi kesiapan perayaan Natal dan personel gabungan yang disiagakan," kata Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji di Sukabumi, Minggu.

Menurut Kusmana, pada kunjungan ke beberapa gereja yang juga didampingi oleh Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo bersama Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polres Sukabumi Kota, Kombes Heni Kresnowati merupakan salah satu bentuk kesiapan sekaligus pengawasan untuk menjamin perayaan Natal di Kota Sukabumi berjalan dengan kondusif.

Secara tegas, ia pun memastikan perayaan Natal di daerah yang dipimpinnya tersebut berjalan lancar, aman dan nyaman karena hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Selain itu, kata dia, warga Nasrani yang merayakan ibadah pada malam Misa Natal merasa nyaman dan aman serta bisa melaksanakan ibadah dengan khidmat. Sementara warga yang tidak merayakan Natal beraktivitas seperti biasa, bahkan ada beberapa yang juga ikut mengamankan gereja.

Dia pun mengapresiasi warga Kota Sukabumi yang selalu menjaga toleransi dan saling menghormati serta menghargai antarumat beragama. Ia berharap kondisi keamanan seperti ini bisa terus terjaga hingga perayaan Tahun Baru 2024.

"Pemantauan yang dilakukan Forkopimda Kota Sukabumi ini untuk menjamin kelancaran pelaksanaan perayaan Natal. Pemerintah hadir di tengah masyarakat agar ibadah mereka lebih aman dan nyaman. Serta kita mempunyai tanggung jawab mengamankan perayaan Natal di Kota Sukabumi agar kondusif aman dan nyaman," ujarnya.

Baca juga: Kapolda NTB dan pejabat Forkopimda pantau perayaan Misa Natal 2023
Baca juga: Kapolda NTB: Perayaan Malam Natal 2023 berjalan aman


Kusmana pun mengimbau seluruh personel keamanan yang bertugas untuk tetap menjaga kekompakan dan suasana kondusif agar umat beragama di Kota Sukabumi bahagia lahir dan batin..

Adapun gereja yang menjadi fokus pemantauan Forkopimda Kota Sukabumi pada malam Misa Natal yakni Gereja HKBP, Santo Yoseph, GKI Penginjil dan GKI Jabar. Selain itu, rombongan juga melakukan pemeriksaan di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Operasi Lilin Lodaya 2023.