Puan Maharani ingatkan pendukung Ganjar-Mahfud untuk viralkan kecurangan di TPS

id PDIP,Puan Maharani,Ganjar-Mahfud,Pemilu 2024,Pilpres 2024,pendukung ganjar-mahfud,viral,kecurangan,TPS

Puan Maharani ingatkan pendukung Ganjar-Mahfud untuk viralkan kecurangan di TPS

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, saat membuka Hajatan Rakyat di Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024). ANTARA/HO-PDI Perjuangan

Surakarta (ANTARA) - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, mengingatkan para pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md untuk memviralkan kecurangan selama penghitungan suara di TPS.

"Kalau ada yang mau melakukan kecurangan video, foto dan kirimkan ke seluruh Indonesia bahwa pemilu ada indikasi kecurangan," ujar dia saat membuka Hajatan Rakyat di Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu. Di kota itulah Gibran Rakabuming Raka, sang putra sulung Presiden Joko Widodo yang juga calon wakil presiden dari kubu 02, menjadi wali kotanya yang saat pencalonannya di posisi itu diusung PDI Perjuangan.

Baca juga: Puan ingatkan tiga ajaran Bung Karno kepada generasi muda

Untuk itu, Puan mengimbau para pendukung agar berhati-hati saat datang ke TPS. Ia juga meminta agar suara Ganjar-Mahfud dapat dikawal dengan baik.

"Hati-hati datang ke TPS, TPS jaga suaranya. Jangan mau diintimidasi, jangan mau," katanya.

Sebelumnya, Selasa (30/1), dia menargetkan Jawa Tengah tetap menjadi basis suara pemilih partai tersebut, meskipun seluruh pasangan calon presiden dan wakil presiden mengklaim memiliki banyak pendukung di provinsi itu.

Baca juga: Ketua DPR minta Polri dan pemerintah jaga kelancaran momen pergantian tahun

"Targetnya, ya, Jawa Tengah tetap merupakan 'kandang banteng'. Rakyat pasti punya pilihannya," kata Puan saat melakukan kunjungan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa.

Terkait efek Jokowi atau Jokowi effect dan pernyataan cawapres Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, yang mengatakan akan menggetarkan Jawa Tengah; Puan mengatakan hal itu biarkan rakyat yang menilai.

Baca juga: Puan Maharani katakan biar rakyat menilai presiden boleh berkampanye

Komisi Pemilihan Umum telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.