Muhaimin ingatkan pendukungnya untuk siaga di TPS setelah pukul 13.00 WIB

id Pemilu 2024, Pilpres 2024, Muhaimin Iskandar, pendukung muhaimin, jaga tps,siaga di TPS

Muhaimin ingatkan pendukungnya untuk siaga di TPS setelah pukul 13.00 WIB

Calon wakil presiden Muhaimin Iskandar usai mencoblos di TPS 23 Kelurahan Bangka, Jakarta, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Yang ketiduran dibangunkan, teman-teman yang masih belum bergerak, segera bergerak
Jakarta (ANTARA) -
Calon wakil presiden Muhaimin Iskandar mengingatkan kepada para pendukungnya untuk bersiaga di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada jam 13.00 WIB, setelah proses pemungutan suara selesai.
 
Jangan sampai, kata dia, ada TPS yang kosong dan luput dari penjagaan saksi ataupun pendukungnya. Menurutnya kesiagaan itu diperlukan guna mencegah kecurangan dalam proses Pemilu 2024.
 
"Yang ketiduran dibangunkan, teman-teman yang masih belum bergerak, segera bergerak," kata Muhaimin usai melakukan pencoblosan di TPS 23 Kelurahan Bangka, Jakarta, Rabu.

Menurutnya para saksi atau relawannya bisa menjaga TPS secara bergiliran. Minimal, kata dia, ada tiga orang dari saksi atau pendukungnya di setiap TPS guna mengawal proses penghitungan suara, baik di area dalam maupun di area luar.

Selain itu, dia juga mengingatkan para saksi dan pendukungnya itu mengamankan data-data penting apabila ada kecurangan di sebuah TPS. Karena data itu menurutnya diperlukan jika kemudian ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kepada seluruh pendukung pokoknya awasi, data, jangan sampai tidak terjaga, karena itu dibutuhkan ketika kita berbeda pendapat di MK," katanya.

Baca juga: Gibran dan Selvi mencoblos di TPS 34 Manahan Solo
Baca juga: Bawaslu temukan enam masalah jelang penghitungan suara Pemilu 2024


Walaupun begitu, dia pun yakin dirinya bersama Anies Baswedan bakal mendapatkan kemenangan. Targetnya, dia pun ingin unggul pada putaran pertama Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 ini.

"Alhamdulillah saya mencoblos dengan penuh semangat, sekaligus plong rasanya sampai pada tahap ini, moga-moga nanti semuanya lancar," kata dia.

Setelah melakukan pencoblosan di kawasan Jakarta Selatan itu, dia mengaku bakal menjalani agenda selanjutnya yakni melakukan pemantauan hitung cepat Pemilu 2024 di Rumah Pemenangan AMIN, Jalan Diponegoro, Jakarta. Anies Baswedan pun dijadwalkan melakukan agenda yang serupa dengan Muhaimin setelah melakukan pencoblosan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Jokowi: Kalau ada kecurangan pemilu, laporkan ke Bawaslu