Presiden Jokowi senyum dan acungkan jempol atas desain jersey timnas

id Presiden Jokowi, jersei timnas, kualifikasi Piala Dunia, timnas Indonesia, Timnas Vietnam

Presiden Jokowi senyum dan acungkan jempol atas desain jersey timnas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menyaksikan kemenangan perdana Timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F setelah mengalahkan Timnas Vietnam 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Kamis (21/3/2024). (ANTARA/Andi Firdaus).

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo tersenyum seraya mengacungkan jempol sebagai komentar atas desain jersey terbaru Timnas Indonesia yang dirilis tahun ini.

Momen itu berlangsung usai Jokowi menyaksikan kemenangan perdana Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Kamis malam.

Jokowi  hadir tanpa mengenakan jersey terbaru timnas, dengan tampil mengenakan pakaian kasual putih polos berlengan panjang dengan padanan celana bahan hitam.

Pun dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM, seperti Menteri BUMN Erick Thohir yang juga Ketua Umum PSSI yang mengenakan kaos warna merah berbalut rompi hitam.

Sedangkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tampil mengenakan kaos merah berbalut rompi timnas berlogo Li-Ning dan Menteri Olahraga Dito Ariotedjo memakai kaos hitam berbalut rompi merah PSSI.

Jenama Erspo resmi merilis jersey tim nasional Indonesia yang digunakan Skuad Garuda dalam sejumlah kompetisi, termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, Piala Asia U-23 dan Piala AFF U-17.

Jersey yang digarap apparel lokal papan atas itu mengundang tanggapan beragam publik sejak resmi diluncurkan Senin pekan ini. Salah satunya warganet yang merespons positif karya anak bangsa tersebut. 

"Keren berkelas jika dilihat langsung, bahan gradasi rajut yang ditonjolkan," komentar akun @alieenliem dalam Instagram @erspo, Senin.

Dalam media sosial X, bahasan soal jersey timnas menjadi trending topik yang merajai lini masa. Kata kunci KostumTimnas BuatanMilenial, JerseyGaruda YangTerbaik, dan tagar #JerseyTimnasGaruda serta menjadi topik utama yang mayoritas berisi apresiasi dari warganet, terutama akun bercentang biru.

"Karena jersei itu tak sekadar desain, dan banyak hal terkait teknologi kain, detail desain sih juga udah pasti. Pada nunggu teknologi di kainnya nanti seperti apa, supaya jersei sederhana itu terlihat mewah," tulis akun @Far_Rida do akun X.

Baca juga: Presiden Jokowi: kemenangan 1-0 modal besar duel tandang di Vietnam
Baca juga: Prediksi Indonesia vs Vietnam skor dan susunan pemain, kualifikasi Piala Dunia 2026


Jersey yang dipakai timnas saat melawan Vietnam malam ini menggunakan warna dominan merah dengan garis kerah o-neck putih yang terinspirasi jersi timnas Indonesia pada  1981 ketika digdaya menundukkan timnas Jepang.

Dalam jersey warna merah tersebut, terdapat motif timbul yang bermakna dukungan suporter dengan mengambil corak yang bermakna tepuk tangan, hentakan kaki, suara teriakan penonton dan dentuman drum.