OIKN kembangkan wisata di Ibu Kota Nusantara

id oikn,nusantara,kota,wisata,pariwisata,wisata kota nusantara,wisata ikn

OIKN kembangkan wisata di Ibu Kota Nusantara

Hutan bakau (mangrove) salah satu wisata yang ada di wilayah Kota Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan

Tempat wisata yang ada di kawasan Kota Nusantara harus siap segera dirancang sebelum akhir 2024
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menegaskan pengembangan pariwisata di kawasan Kota Nusantara yang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), segera dirancang.
 
"Tempat wisata yang ada di kawasan Kota Nusantara harus siap segera dirancang sebelum akhir 2024," kata Direktorat Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Budparekraf) Kedeputian Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Muhsin Palinrungi, di Penajam, Jumat.
 
"Akan ada pariwisata expo, jadi ada daya tarik pada budaya kuliner, destinasi wisata dan juga aksesibilitas wisata di Kota Nusantara," katanya pula. Sehingga menjadikan pariwisata berkelanjutan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, kata dia lagi, khususnya di delineasi Kota Nusantara, ibu kota negara masa depan Indonesia.

Baca juga: Menjelajah destinasi wisata di IKN Nusantara Kaltim
 
Budparekraf Kedeputian Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN juga menggelar forum diskusi (focus group discussion/FGD) untuk mengembangkan sektor pariwisata yang ada di kawasan Kota Nusantara.
 
Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu, kata Muhsin Palinrungi, dihadiri para pelaku pariwisata, serta camat, lurah dan kepala desa di Kabupaten Penajam Paser Utara maupun Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
"Banyak terdapat objek wisata di Sepaku yang dapat dikembangkan menjadi penguat pariwisata Kota Nusantara," kata Camat Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Gamaliel Abimanyu Arliandito.

Baca juga: Tabalong kembangkan 10 kampung hortikultura penyangga IKN
 
Objek wisata itu, antara lain Gua Tapak Raja yang perlu pengembangan serta masih kurang fasilitas listrik dan air, kemudian ada Gua Muadak serta Wisata Mangrove Mentawir
 
Sebagai langkah awal daya tarik Gua Tapak Raja dijadikan sebagai wisata yang wajib didatangi saat berkunjung ke Kota Nusantara, menurut dia, dan bakal diadakan festival musik untuk mempromosikan wisata alam itu.
 
Camat Samboja Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Burhanuddin menyatakan, di Samboja terdapat objek wisata bernama Patin Wisambar yang merupakan inovasi pariwisata modern dan kekinian menciptakan daya tarik tersendiri.
 
Objek wisata kolaborasi antara pemerintah kecamatan dan pengelola wisata itu terdiri dari wisata Pemancingan Widuri, Batu Dinding, Lamin Etam Ambors, Agrowisata Lau Kawar, Ambora Resort, Bukit Bangkirai, Pantai Salok Api Laut, Pantai Ambalat, Ambalat Garden, Borneo Orangutan Survival, Danau Biru Margomulyo, dan Agrowisata Rawalumbu.