AJI Bali kenalkan alat bantu cek fakta ke jurnalis

id AJI Denpasar,cek fakta,jurnalis,Bali,Intermediate Factchecking Training

AJI Bali kenalkan alat bantu cek fakta ke jurnalis

AJI Denpasar memberi pelatihan cek fakta kepada jurnalis di Badung, Bali, Sabtu (23/3/2024). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

Badung (ANTARA) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Denpasar mengenalkan metode dan alat bantu dalam mengecek fakta setiap informasi atau berita kepada puluhan jurnalis di Bali.

Ketua AJI Denpasar Eviera Paramita Sandi di Badung, Sabtu (23/3), mengatakan kegiatan bernama "Intermediate Factchecking Training" ini memang ditujukan bagi jurnalis sebagai pelatihan lanjutan yang mereka buat sejak 2018.

“Di hari pertama peserta lebih banyak dikenalkan teori dan alat bantu untuk pengecekan fakta, sedangkan hari kedua akan lebih banyak praktik,” kata dia.

Beberapa alat bantu yang disarankan merupakan bagian dari fitur-fitur yang dikembangkan Google, seperti Google Lens untuk memastikan keaslian gambar dan mencari sumber utamanya, Google Maps dan Google Earth dapat memastikan sebuah lokasi.

Beberapa kanal dan aplikasi ekstensi tidak berbayar juga dikenalkan agar dapat dimanfaatkan para jurnalis untuk melawan paparan berita bohong yang diterima masyarakat.

Beberapa metode sederhana juga diberikan, seperti cara memastikan fakta dari hasil tangkap layar. AJI Denpasar sering menemukan berita bohong berlatar kanal sebuah media arus utama, padahal media tersebut tidak pernah membuat berita yang dimaksudkan.

Oleh karena itu, AJI mengajak 25 jurnalis di Bali dalam membuat konten debunkin atau melawan pembaca yang sudah terpapar berita bohong dengan membuat cek fakta.

“Output-nya peserta diharapkan bisa membuat konten debunking, sehingga akan banyak konten cek fakta di media masing-masing dan ada komunitas jurnalis antihoaks di Bali,” ujarnya.

Pada hari pertama, pelatihan cek fakta menelusuri konten asli dengan analisa sumber dan teknik pencarian Google serta Artificial Intelligence (AI); verifikasi lokasi, verifikasi waktu, dan citra satelit; serta membahas audit media sosial dan akun palsu terkoordinasi.

AJI Denpasar menilai pelatihan cek fakta yang mereka buat penting untuk mendorong makin banyak media memiliki konten cek fakta, terutama di daerah, atau setidaknya terbangun aksi kolaborasi antarjurnalis dalam membuat cek fakta.

“Ini bisa dibilang sangat penting, karena jurnalis dihadapkan dengan malinformasi bahkan tsunami informasi yang berasal dari internet, dimana informasi tersebut banyak diakses masyarakat dan jadi rujukan berbagai kalangan,” kata Eviera.

Ia mengemukakan tentang pentingnya kebenaran informasi yang tersebar di media massa.

Baca juga: ICDX gelar kelas jurnalis bahas perdagangan berjangka
Baca juga: Jurnalis harus dapat hak normatif sebagai pekerja kantor


“Padahal, informasi yang ada di internet belum semuanya teruji kebenarannya bahkan banyak manipulasi sampai hoaks. Tugas jurnalis sendiri menjernihkan informasi-informasi tersebut sebelum disampaikan ke khalayak,” katanya.