Pengguna jasa Bandara Lombok diimbau pakai transportasi resmi jelang Lebaran

id Bandara Lombok ,Lebaran ,Ramadhan ,Lombok Tengah ,NTB,Scoot,Garuda,Lion Air,Super Air Jet,Bima,Sumbawa Besar,Jakarta,Sur

Pengguna jasa Bandara Lombok diimbau pakai transportasi resmi jelang Lebaran

Para penumpang saat berada di ruang tunggu Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat. ANTARA/Akhyar Rosidi.

Warga kita imbau menggunakan angkutan transportasi yang resmi untuk melanjutkan perjalanan pada periode Lebaran 1445 hijriah

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pihak PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Nusa Tenggara Barat mengimbau warga atau para pengguna jasa bandara yang melanjutkan perjalanan moda transportasi darat agar menggunakan angkutan resmi yang telah dipersiapkan di bandara.

"Warga kita imbau menggunakan angkutan transportasi yang resmi untuk melanjutkan perjalanan pada periode Lebaran 1445 hijriah," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Minggus ET Gandeguai di Praya, Kamis.

Dia menjelaskan, untuk moda transportasi darat, Bandara Lombok menyiapkan sebanyak 150 armada, yang terdiri atas Damri, taksi, dan kendaraan sewa (rent car).

Baca juga: Bandara Lombok tingkatkan pelayanan arus mudik Lebaran 2024

Selain itu, untuk pelayanan pada arus mudik maupun arus balik Lebaran 1445 hijriah tersebut, pihaknya telah menyiapkan posko pelayanan terpadu.

"Pelayanan kepada masyarakat pada libur Lebaran ini  terus ditingkatkan," katanya.

Ia mengatakan pula bahwa hingga saat ini tercatat ada 56 penerbangan tambahan (extra flight) selama periode Lebaran 2024, yang diajukan oleh empat maskapai penerbangan.

Adapun empat maskapai yang mengajukan tambahan penerbangan tersebut di antaranya Super Air Jet sebanyak 38 penerbangan untuk rute Jakarta-Lombok dan Lombok-Jakarta. Kemudian Citilink 10 penerbangan rute Lombok-Bali, Bali-Lombok, Lombok-Jakarta, dan Jakarta-Lombok.

"Selanjutnya Lion Air dua penerbangan rute Surabaya-Lombok dan Lombok-Surabaya, serta Wings Air enam penerbangan rute Lombok-Bima dan Bima-Lombok," katanya.

Baca juga: Bandara Internasional Lombok layani rute penerbangan Makassar

Ia menjelaskan, Bandara Lombok melayani tujuh rute penerbangan domestik reguler tujuan Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Bima, Sumbawa Besar, dan Makassar, yang dilayani maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, dan Wings Air.

"Sedangkan penerbangan internasional tersedia dua rute, yaitu tujuan Kuala Lumpur dilayani oleh maskapai Indonesia Air Asia dan Air Asia Berhad dan tujuan Singapura yang dilayani maskapai Scoot," katanya.

Sementara itu, Kapolres Lombok Tengah, AKBP Iwan Hidayat memastikan pihaknya bekerja sama dengan PT Angkasa Pura I sudah menyiapkan semua kebutuhan fasilitas Pos terpadu di area bandara, dan siap digunakan guna mendukung kelancaran serta keamanan para pemudik.

“Selain pos terpadu kami juga sudah menyiapkan pos kesehatan dan balai karantina kesehatan di bandara," katanya.

Baca juga: Bandara Lombok kembangkan rute penerbangan menuju Australia dan Jeddah
Baca juga: Bandara Lombok NTB menambah rute penerbangan internasional