Tim ESDM Siaga Bencana salurkan bantuan pengungsi Gunung Ruang Sumut

id Tim ESDM,Siaga Bencana,Kementerian ESDM,ESDM,Gunung Ruang

Tim ESDM Siaga Bencana salurkan bantuan pengungsi Gunung Ruang Sumut

Tim ESDM Siaga Bencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat menyalurkan bantuan untuk korban bencana Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Minggu (21/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Kementerian ESDM)

Jakarta (ANTARA) - Tim ESDM Siaga Bencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan untuk pengungsi korban bencana erupsi Gunung Ruang dari pemangku kepentingan perusahaan pertambangan yang beroperasi di Sulawesi Utara.

Koordinator Tim ESDM Siaga Bencana Sunindyo Suryo Herdad mengatakan bantuan logistik secara berkala diantar langsung oleh inspektur tambang Provinsi Sulawesi Utara dari Posko ESDM Siaga Bencana (kantor ESDMD) ke Dermaga Pangkalan Utama TNI AL-Bitung, Sulawesi Utara.

"Hari ini telah disampaikan bantuan secara simbolis dari Tim ESDM Siaga Bencana yang diwakili Koordinator Inspektur Tambang Sulawesi Utara Haderia Y Dawing kepada Koordinator logistik Letnan Kolonel Laut Nursubagiyo yang selanjutnya diangkut menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) KAKAP-811 dari Dermaga Pangkalan Utama TNI AL - Bitung dan diantar ke Dermaga Pulau Tagulandang, Sulawesi Utara," ujar Sunindyo melalui keterangan di Jakarta, Minggu.

Bantuan-bantuan tersebut berasal dari delapan perusahaan di Sulawesi Utara yakni PT Archi Indonesia, PT Meares Soputan Mining, PT Tambang Tondano Nusajaya, PT Geopersada Mulia Abadi (GMA), PT Donny Lingkam MINUT, CV. Sembako Nusantara, PT Pandu Karya Aksara dan PT J Resources Bolaang Mongondow.

Kementerian ESDM telah mengimbau seluruh stakeholder perusahaan pertambangan di Pulau Sulawesi untuk berpartisipasi aktif atas nama Tim ESDM Siaga Bencana untuk memberikan bantuan sebagai bentuk empati dan kepedulian guna meringankan beban penderitaan masyarakat yang sedang tertimpa musibah.

Baca juga: Indonesia akselerasi PLTS Atap untuk EBT
Baca juga: BPH Migas pastikan fasilitas Pertamina di NTB aman saat lebaran


Sunindyo menyebut bantuan yang diberikan dapat berupa logistik dan kesehatan seperti tenaga medis dan obat-obatan.

Bantuan tersebut dapat disampaikan kepada Posko ESDM Siaga Bencana yang dipusatkan di Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Daerah (ESDMD) Provinsi Sulawesi Utara Jl. Babe Palar Wanea, Kecamatan Wanea.

"Sedangkan bantuan dalam bentuk donasi dapat disampaikan ke lembaga-lembaga kemanusiaan yang resmi dan kredibel," kata Sunindyo.