UNICEF sebut Tema 'Air untuk Kemakmuran Bersama'

id WWF, Tema WWF, UNICEF, Tujuan

UNICEF sebut Tema 'Air untuk Kemakmuran Bersama'

Wisatawan mancanegara berjalan di dekat saluran irigasi di area persawahan yang menerapkan pengairan lahan pertanian menggunakan pompa air bertenaga surya di Subak Lauh Batu, Desa Keliki, Gianyar, Bali, Selasa (23/4/2024). World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada bulan Mei 2024 akan fokus membahas empat hal, yakni konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.

Jakarta (ANTARA) - Dana Anak Perserikatan Bangsa-bangsa (UNICEF) menyebut tema "Air untuk Kemakmuran Bersama" yang diusung Indonesia di Forum Air Sedunia (World Water Forum) 2024 sejalan dengan tujuan mereka.

"Tema 'Air untuk Kemakmuran Bersama' sejalan dengan tujuan UNICEF," kata Spesialis WASH/Water, Hygiene, and Sanitation UNICEF Indonesia, Salathiel Nali, kepada ANTARA, di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan tema tersebut sejalan dengan tujuan UNICEF yang tercakup dalam beberapa fokus, antara lain fokus dalam kebutuhan anak-anak. Terkait fokus tersebut, Nali menekankan bahwa tema kesejahteraan bersama telah sejalan dengan tujuan UNICEF untuk memastikan bahwa semua anak memiliki akses untuk memperoleh kebutuhan dasar, termasuk air bersih.

Pada fokus lain UNICEF terkait kelangkaan air dan kesehatan anak, mereka mengatakan banyaknya anak-anak yang tinggal di daerah yang kekurangan air mengakibatkan dampak negatif terhadap kesehatan mereka.

Untuk itu, fokus pada kesejahteraan bersama atas sumber daya air akan secara langsung mengatasi permasalahan tersebut. Selanjutnya, Nali juga menyebutkan tema World Water Forum ke-10 tersebut sesuai dengan fokus UNICEF dalam isu perubahan iklim dan air. Terkait hal itu, dia mengatakan ada hubungan antara perubahan iklim dan berkurangnya pasokan air, yang merupakan ancaman utama terhadap kesejahteraan anak-anak.

Untuk itu, menemukan solusi untuk kesejahteraan air bersama akan menjadi hal yang sangat penting di dalam dunia yang mengalami perubahan iklim, kata Nali. Selain itu, Nali juga menyatakan bahwa tema WWF tahun ini sejalan dengan fokus UNICEF pada isu air sebagai suatu bagian dari hak atas air bersih.

Dia menegaskan bahwa UNICEF sangat mendukung hak atas air bersih dan sanitasi. Sementara, tema “Air untuk Kesejahteraan Bersama” mempromosikan akses yang adil terhadap air. Untuk itu, ia menilai tema tersebut selaras dengan prinsip inti itu.

Baca juga: Indonesia to push for water funding at Bali's global forum: Official
Baca juga: Indonesia to propose World Lake Day at World Water Forum


Selain mengangkat tema "Water for Shared Prosperity", WWF ke-10 akan fokus membahas empat hal, antara lain tentang konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

Adapun penyelenggaraan Forum Air Sedunia ke-10 tersebut akan dilakukan di Bali pada 18-25 Mei 2024.