Jamaah haji kloter dua asal Lombok Tengah tiba di tanah air

id Jamaah haji ,Lombok Tengah ,NTB,Embarkasi Bandara Lombok

Jamaah haji kloter dua asal Lombok Tengah tiba di tanah air

Jamaah haji NTB saat tiba di Bandara Internasional Lombok, Minggu (23/6/2024) (ANTARA/HO-Humas Bandara Lombok)

Lombok Tengah (ANTARA) - Jamaah haji kelompok terbang (kloter) dua asal Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tiba di Embarkasi Bandara Internasional Lombok, Senin, pukul 14:00 WITA.

"Jumlah haji asal Lombok Tengah yang tiba di tanah air sebanyak 393 orang," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah Syamsul Hadi di Lombok Tengah, Senin.

Setelah tiba di Bandara Lombok, jamaah haji tersebut dibawa menggunakan bus menuju asrama haji Mataram. Lokasi penjemputan jamaah pada 2024 ini dilakukan di asrama haji, tidak seperti tahun lalu di jemput di masing-masing daerah.

"Lokasi penjemputan jamaah haji 2024 ini oleh keluarga dipusatkan di asrama haji Mataram," katanya.

Baca juga: Sebanyak 393 haji asal Mataram tiba di Lombok

Kemudian untuk jamaah haji kloter lima Lombok Tengah akan tiba di tanah air pada tanggal 28 Juni 2024, jamaah haji kloter 9 tiba tanggal 4 Juli, jamaah haji kloter 11 tiba tanggal 6 Juli dan kloter 12 tiba tanggal 8 Juli 2024.

"Dari total 1.032 haji Lombok Tengah, dua orang yang meninggal dunia di tanah suci," katanya.

Sebelumnya, Ketua Tim Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji Bidang PHU Kanwil Kemenag NTB Syukri mengatakan seorang haji asal NTB wafat di Arab Saudi atas nama Sade binti Amaq Ratnasih berusia 80 tahun.

Baca juga: Dinkes Mataram siapkan petugas periksa kesehatan jamaah haji setelah pulang

Sade binti Amaq Ratnasih merupakan warga Mertak Wareng, Beber, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah. Sade binti Amaq Ratnasih tergabung di Kloter 2 Embarkasi Lombok.

"Almarhumah meninggal pada hari Jumat (21/6), pukul 07:23 Waktu Arab Saudi (WAS), akibat penyakit Cardiac Arrhythmia atau serangan jantung," katanya.

Dengan tambahan wafat satu orang haji tersebut, total jamaah haji asal NTB yang meninggal di Arab Saudi menjadi tiga orang.