Pembalap muda Oliver Bearman perpanjang kontrak di Haas sampai 2025

id formula 1,oliver bearman,haas

Pembalap muda Oliver Bearman perpanjang kontrak di Haas sampai 2025

Pembalap cadangan Ferrari Oliver Bearman saat berada di garasi tim jelang balapan utama Grand Prix Arab Saudi di Sirkuit Jeddah Corniche, Sabtu (9/3/2024). ANTARA/AFP/Giuseppe Cacace/am.

Jakarta (ANTARA) - Pembalap muda asal Inggris Oliver Bearman memperpanjang kontrak di tim Formula 1 Haas sampai musim depan, demikian diumumkan tim asal AS itu pada Kamis.
 

Bearman tampil impresif saat melakukan debut Formula 1-nya dengan finis di posisi ketujuh untuk Ferrari di Grand Prix Arab Saudi musim ini. Ia dilaporkan AFP telah meneken kontrak “multi tahun.”

Pembalap 19 tahun itu saat ini merupakan anggota Scuderia Ferrari Driver Academy dan merupakan pembalap cadangan untuk Ferrari. Ia juga membela tim Prema Racing di Formula 2.

“Sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata betapa berartinya hal ini bagi saya. Untuk menyuarakan bahwa saya akan menjadi pembalap Formula 1 untuk tim Haas F1 membuat saya sangat bangga,” kata Bearman seperti dikutip dari AFP.

“Untuk menjadi satu dari sedikit orang yang dapat melakukan hal yang diimpikan sebagai seorang anak-anak merupakan sesuatu yang luar biasa,” tambahnya.

Pemimpin tim Haas Ayao Komatsu berkata, “Merupakan hal yang luar biasa untuk bisa memberikan kesempatan bangku waktu penuh pertamanya bagi pembalap muda yang berbakat seperti Oliver Bearman.”

Baca juga: Pembalap Norris sebut Verstappen banyak buat kesalahan dibanding dirinya
Baca juga: Pembalap Russel menyegel gelar GP Austria usai Verstappen dan Norris bentrok

“Ia berkembang menjadi pembalap yang sangat matang di bawah arahan Scuderia Ferrari dan dunia telah melihatnya ketika ia dipanggil pada menit terakhir untuk bersaing di Grand Prix Arab Saudi,” tambahnya.

Pada Grand Prix Arab Saudi yang berlangsung Maret silam, Bearman menggantikan Carlos Sainz setelah pembalap Spanyol itu menderita usus buntu.

Ia lolos kualifikasi di posisi ke-11 meski belum mengendarai mobil balap sampai latihan terakhir. Bearman kemudian finis di posisi ketujuh. Bearman akan menjadi pembalap Britania keempat yang membalap di Formula 1 tahun depan, bersama Lewis Hamilton, George Russell, dan Lando Norris.