Banjarbaru adopsi tertib administrasi PKK Lombok Barat

id Banjarbaru PKK Lombok Barat

Selain bersilaturahmi, kami juga ingin mengadopsi kesuksesan Desa Montong Are, yang sukses meraih jura pertama lomba tertib administrasi TP-PKK tingkat nasional
Lombok Bara (Antaranews NTB) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, akan mengadopsi keberhasilan TP-PKK Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, dalam hal tertib administrasi.

"Selain bersilaturahmi, kami juga ingin mengadopsi kesuksesan Desa Montong Are, yang sukses meraih jura pertama lomba tertib administrasi TP-PKK tingkat nasional," kata Ketua TP-PKK Kota Banjarbaru Ir Hj Ririen Kartika Rini Nadzmi Adhani, di Gerung, ibu kota Lombok Barat, Senin (5/3).

Istri Wali Kota Banjarbaru bersama rombongannya itu diterima oleh Sekretaris Daerah Lombok Barat H Mohammad Taufiq, pejabat sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Lombok Barat Hj Nursasih Saswadi, serta seluruh pengurus TP-PKK Kabupaten Lombok Barat.

Dalam pertemuan tersebut, Ririen mengakui bahwa tertib administrasi di tubuh organisasi yang dipimpinnya belum tertata dengan baik. Oleh sebab itu, pihaknya ingin meniru keberhasilan TP-PKK Kabupaten Lombok Barat.

"Semoga dengan pembelajaran dan berbagai pengalaman dalam kunjungan kerja ini, kita semua bisa menjadi lebih baik," kata Ririen yang diamini oleh seluruh Pengurus TP-PKK kota, kecamatan dan kelurahan di Kota Banjarbaru, yang ikut ke Kabupaten Lombok Barat.

Sekda Lombok Barat H Mohammad Taufiq memberikan gambaran bagaimana daerahnya bisa menjadi juara. Menurutnya, sejak mengikuti lomba, seluruh komponen pemerintah maupun masyarakat harus memasang target juara satu.

"Kalau sudah bersaing di level nasional, targetnya adalah juara satu. Tidak boleh pasang target juara 2, 3 atau 4, itu sama dengan tidak juara," katanya.

Ia mengatakan ketika mengikuti lomba jangan sampai berkecil hati, apalagi pesimis dengan lawan peserta daerah yang berat.

"Kalau sudah bertanding melawan siapapun, kita harus juara. Mentalitas harus ditanamkan mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten," ujar Taufik sambil meyakinkan bahwa trik tersebut efektif dibuktikan dengan raihan juara pertama lomba desa tingkat nasional bagi Desa Lingsar.

Pada kesempatan itu, Sekretaris TP-PKK Desa Montong Are, Iskandar Sukmana mepresentasikan tentang tertib administrasi TP-PKK.

Iskandar memaparkan seluruh komponen penilaian, mulai dari keterlibatan dan peran serta seluruh pengurus TP-PKK dusun, desa, kecamatan, kabupaten, bahkan tingkat provinsi.

Menurutnya, keterpaduan tidak hanya dalam data, tapi juga masalah surat keluar-masuk, harus terpadu dari dusun sampai provinsi.

"Termasuk juga keberpihakan seluruh kader terus terjalin dengan kuat, sehingga kesuksesan bisa dikatakan berawal dari peran serta seluruh kader," ucapnya.

Iskandar juga merinci data raihan juara yang pernah diraih Desa Montong Are. Di antaranya, juara I lomba pidato 10 program PKK tingkat Kecamatan Kediri, juara II lomba posyandu tingkat Kecamatan Kediri, juara II lomba P2WKSS tingkat Kecamatan Kediri.

Pada 2015-2016, juara I lomba tertib administrasi PKK tingkat Kecamatan Kediri, juara tingkat Kabupaten Lombok Barat, dan Provinsi NTB. Dan pada 2017, juara I lomba tertib administrasi tingkat nasional. (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar