KMP Gunsa kandas di Perairan Lombok Barat

id KMP Gunsa Kandas

Tim penyelamat Kantor SAR Mataram berhasil memandu KMP Gunsa 8 ke Pelabuhan Lembar, setelah kandas di perairan Gili Nanggu, Kabupaten Lombok Barat, NTB. (Foto Antaranews NTB/ist)

Sekitar 20 menit kemudian, kapal dengan jumlah penumpang 65 orang dan anak buah kapal sebanyak 17 orang itu berhasil sandar dalam keadaan selamat
Lombok Barat (Antaranews NTB) - Kapal Motor Penumpang Gunsa 8 yang berlayar dari Pelabuhan Padang Bai, Bali, mengalami kandas di Gili Nanggu yang terletak tidak jauh dari Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Informasi kecelakaan pelayaran tersebut dilaporkan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mataram oleh warga bernama Munawar, pada Jumat sekitar pukul 13.45 Wita.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kantor SAR Mataram menerjunkan regu penyelamat ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelamatan menggunakan perahu karet Rescue Boat 220 Mataram.

Kepala Kantor SAR Mataram, I Nyoman Sidakarya, yang didampingi oleh Kepala Sub Seksi Operasi, Putu Arga Sujarwadi, ikut terjun langsung dan berkoordinasi dengan pihak kapal untuk proses evakuasi.

Selain dari Kantor SAR Mataram, beberapa potensi SAR dari KPLP Lembar, Pol Air Polda NTB dan KP3 Lembar ikut terlibat dalam penanganan kecelakaan pelayaran tersebut dengan mengerahkan 2 unit kapal milik KPLP Lembar dan Pol Air Polda NTB.

"Personel kami bersama dengan potensi SAR telah siap siaga di sekitar lokasi kecelakaan untuk melakukan evakuasi jika diperlukan oleh pihak kapal," katanya.

Sementara itu, nahkoda kapal melakukan usaha untuk menggeserkan kapal dari posisi kandasnya dan usaha tersebut berhasil.

Tim SAR gabungan memberikan pengawalan selama proses tersebut berlangsung hingga berhasil sandar di pelabuhan Lembar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Sub Seksi Operasi, Putu Arga Sujarwadi, mengatakan kapal yang berlayar dari Pelabuhan Padang Bay, Karangasem, Bali, itu berhasil keluar dari lokasi kandasnya pada pukul 16.15 Wita. Tim SAR gabungan kemudian memandu menuju Pelabuhan Lembar.

"Sekitar 20 menit kemudian, kapal dengan jumlah penumpang 65 orang dan anak buah kapal sebanyak 17 orang itu berhasil sandar dalam keadaan selamat," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar