Ragam sampah berserakan usai jalan sehat & deklarasi Iqbal-Dinda

id deklarasi iqbal dinda,calon gubernur ntb,kampanye pilkada ntb,pilkada ntb,lalu muhammad iqbal,indah dhamayanti putri

Ragam sampah berserakan usai jalan sehat & deklarasi Iqbal-Dinda

Ragam sampah berbagai jenis mulai dari kertas kupon hadiah lawang hingga plastik bungkus makanan dan minuman berserakan usai kegiatan jalan sehat dan deklarasi Iqbal-Dinda di GOR 17 Desember Turida, Kota Mataram, Minggu (15/9/2024). (ANTARA/HO-Hania Putri Salsabila/Mahasiswa PKL UIN Mataram)

Mataram (ANTARA) - Kegiatan jalan sehat dan deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri atau Iqbal-Dinda, menyisakan banyak sampah yang berserakan di GOR 17 Desember Turida.

"Masyarakat masih banyak yang kurang sadar terhadap pentingnya kebersihan lingkungan, seperti tidak ada rasa tanggung jawab dari dalam diri masing-masing," kata salah seorang peserta jalan sehat bernama Icha Septian saat ditemui di kawasan GOR 17 Desember Turida, Mataram, Minggu.

Hampir semua lokasi jalan sehat dan deklarasi baik yang ada di dalam GOR 17 Desember Turida maupun di luar Jalan TGH Faisal berserakan sampah sisa kertas kupon hadiah lawang, botol minum plastik dan juga kotak nasi maupun makanan ringan.

Baca juga: Dukungan sosial dan politik ke Iqbal-Dinda kian kuat di Pilkada NTB 2024

Hal ini diperparah dengan tidak ada terlihat relawan atau pun petugas kebersihan yang membersihkan sampah langsung di lokasi tersebut.

Kawasan GOR 17 Desember Turida yang sebelumnya terlihat bersih kini berubah menjadi kumuh dipenuhi sampah sisa makanan dan minuman serta sisa kertas kupon hadiah lawang.

Salah seorang peserta jalan sehat lainnya bernama Qudwa yang datang dari Lombok Barat menyayangkan kondisi sampah yang berserakan tersebut karena membuat kawasan jadi terlihat kumuh.

"Kami menyayangkan banyak sampah. Tapi mau bagaimana lagi massa juga sangat banyak," kata Qudwa.

Acara jalan sehat dan deklarasi yang dihadiri puluhan ribu masyarakat itu dimeriahkan oleh grup musik lokal Amtenar dan Erni Ayu Ningsih. 

Baca juga: Bacagub Iqbal tak mau jumawa hadapi Pilkada NTB 2024

Kegiatan itu juga menyediakan berbagai macam hadiah lawang yang semakin menarik minat masyarakat, di antaranya kulkas, mesin cuci, motor, dan mobil serta hadiah utama yakni tiket Umroh. 

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri atau Iqbal-Dinda juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

Tak hanya menghasilkan banyak sampah, kegiatan itu juga menimbulkan kemacetan parah akibat banyak warga bergerak dari berbagai penjuru memicu kemacetan arus lalu lintas.

Macet mulai dari simpang empat Sweta menuju ke arah GOR Turida, lalu dari arah Bengkel yang juga menuju kawasan gelanggang olahraga tersebut. Banyak warga terpaksa memarkirkan kendaraan agak jauh dari titik acara akibat kemacetan.

Baca juga: Zul-Uhel, Rohmi-Firin dan Iqbal-Dinda siap tarung di Pilgub NTB 2024