NTB yakin MotoGP 2024 pemicu tingkatkan kunjungan wisatawan

id NTB,MotoGP,Sirkuit Mandalika,Lombok Tengah,Pemprov NTB,MotoGP Mandalika

NTB yakin MotoGP 2024  pemicu tingkatkan kunjungan wisatawan

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat meyakini dengan berakhirnya MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 27-29 September 2024 menjadi pemicu bagi seluruh pemangku kepentingan di wilayah itu untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan.

"Harapannya tentu kegiatan (MotoGP) tetap kontinyu, tugas negara membangun 'branding', daerah menjaga 'image' destinasi, konektivitas dan aksesibilitas, kabupaten/kota menjaga 'image' objek destinasi, kebersihan dan lain-lain dan tugas pelaku wisata adalah menjaga produk 'image'. Jadi sudah ada tanggungjawabnya masing-masing," kata Sekda NTB Lalu Gita Ariadi seusai rakor pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif di Mataram, Senin.

Ia menilai semua pihak harus mampu meyakinkan wisatawan untuk datang ke NTB, baik Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Oleh karena itu, setelah MotoGP 2024 berakhir harus ada peningkatan jumlah wisatawan yang datang dari tahun ke tahun begitu juga peningkatan jumlah penonton.

"Artinya harus ada pembelajaran dan berbuat untuk terus meningkatkan arus wisatawan. Tidak hanya wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara," ucapnya.

Menurutnya, keberadaan MotoGP di Sirkuit Mandalika semakin memperkuat posisi NTB sebagai destinasi wisata olahraga di Indonesia. Tak hanya itu, keberadaan ajang-ajang olahraga ini harus mampu di kolaborasi-kan dengan kegiatan-kegiatan wisata MICE, sehingga mampu menjadi pendorong dalam meningkatkan kunjungan wisatawan maupun penonton saat MotoGP berlangsung.

"Kita gabungkan 'sport tourism' dan MICE serta dekatkan jelang atau sesudah MotoGP sehingga wisatawan yang hadir menjadi meningkat," katanya.

Baca juga: Bagnaia Juara Sprint Race, Hari Kedua MotoGP Mandalika Listrik Andal

Diketahui jumlah penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok, selama tiga hari perhelatan pada 27-29 September 2024 mencapai 120 ribu orang.

Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan berdasarkan data loket tiket jumlah penonton yang masuk mencapai 120 ribu orang dari total 134 ribu tiket yang tercetak.

Baca juga: Motul bangga Jorge Martin dan Acosta mendominasi MotoGP Mandalika

Menurutnya, jumlah penonton ini sama dengan catatan Dorna Sport, bawa ada peningkatan jumlah penonton MotoGP di 2024 ini dibanding dengan jumlah penonton MotoGP 2023 yang mencapai 102.929 orang dan tahun 2022 sebanyak 102.801 orang.

"Ada peningkatan jumlah penonton kalau melihat dari tahun 2022 dan 2023. Jadi untuk 2024 ini lebih tinggi," katanya.