Prajurit TNI Lombok Tengah bersihkan sampah di Pasar Puyung

id Lombok Tengah ,NTB,TNI,Pasar ,HUT TNI

Prajurit TNI Lombok Tengah bersihkan sampah di Pasar Puyung

Personel TNI Kodim 1620 Lombok Tengah, Provinsi NTB saat membersihkan sampah di pasar Puyung, Jumat (11/10/2024) (ANTARA/HO-Humas Kodim 1620 Lombok Tengah)

Lombok Tengah (ANTARA) - Prajurit TNI Kodim 1620 Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan kegiatan karya bakti dengan membersihkan sampah yang ada di kawasan Pasar Puyung dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih.

"Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya TNI untuk mendukung terciptanya lingkungan pasar yang bersih dan sehat di tengah-tengah masyarakat sebagai pusat aktivitas keseharian masyarakat," kata Danramil 1620-06/Jonggat Kodim 1620 Lombok Tengah Kapten Inf Syaiful di Lombok Tengah, Jumat.

Ia mengatakan aksi sosial ini adalah salah satu wujud kepedulian TNI terhadap kondisi lingkungan kesehatan sekitar yang merupakan pusat kegiatan ekonomi masyarakat.

"Kami ingin memberikan kontribusi nyata semata mata demi kepentingan masyarakat," katanya.

Baca juga: Jajaran TNI sosialisasikan program KB di Lombok Tengah

Ia mengatakan melalui kegiatan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama di fasilitas umum, seperti pasar. "Kami berharap warga juga tetap menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Lebih dari 100 anggota Kodim terlibat dalam aksi ini bersama masyarakat setempat, pedagang, dan pemerintah kecamatan maupun desa.

"Mereka membersihkan sampah-sampah yang berserakan, mengangkut ke tempat pembuangan yang sudah disiapkan, serta merapikan area pasar agar terlihat lebih rapi dan nyaman," katanya.

Selain itu karya bakti seperti ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Kodim dalam memperingati HUT TNI ke-79 tahun 2024.

"Kami juga melakukan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah yang baik kepada masyarakat agar masyarakat sadar bahwa buang sampah sembarang tidak lah baik" jelasnya.

Baca juga: TNI-Polri gelar patroli cegah perambahan hutan lindung di Lombok Tengah
Baca juga: Jajaran TNI dan Polri data jumlah pelajar di Lombok Tengah


Suhaili, salah pengunjung Pasar Puyung, mengungkapkan dengan adanya kegiatan bersih lingkungan pasar yang dilakukan TNI sangat memberikan dampak positif terhadap kesehatan dan lingkungan pasar pun kelihatan enak dipandang mata.

"Kami berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan oleh TNI tidak hanya di lingkungan pasar. Kami sangat berterima kasih kepada TNI yang sudah membantu membersihkan pasar. Semoga kegiatan seperti ini sering diadakan," katanya.

Melalui kegiatan ini diharapkan lingkungan Pasar Puyung bisa lebih bersih dan nyaman, serta mampu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang beraktivitas di tempat tersebut.

"Dengan adanya kesadaran bersama, diharapkan lingkungan pasar yang bersih dan sehat dapat menjadi bagian dari gaya hidup dan bertransaksi ekonomi bagi kami masyarakat Lombok Tengah," katanya.

Baca juga: Pemahaman tugas TNI diperkuat jelang Pilkada Lombok Tengah 2024
Baca juga: TNI siap mendukung pengamanan Pilkada Lombok Tengah 2024