Australia fasilitasi NTB buka penerbangan langsung Lombok

id Penerbangan NTB,Gubernur NTB

Australia fasilitasi NTB buka penerbangan langsung Lombok

PENERBANGAN LOMBOK LANCAR Sejumlah kru melakukan bongkar muat bagasi penumpang di Bandara Internasional Lombok (BIL) di Tanak Awu, Praya, Lombok Tengah, NTB, dengan latar belakang Gunung Rinjani, Kamis (19/11). Saat ini aktivitas penerbangan di Bandara tersebut berjalan lancar dan tidak terpengaruh abu vulkanik erupsi anak Gunung Rinjani yang masih aktif dengan intensitas letusan yang berangsur menurun. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/pras/15.

Mataram (Antaranews NTB) - Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia menyatakan siap membantu memfasilitasi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan pembicaraan dengan maskapai asal negeri kanguru agar bisa membuka penerbangan langsung dari Australia ke Lombok.

"Kami siap memfasilitasi pertemuan antara NTB dengan maskapai asal Australia," kata Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox seusai bertemu Gubernur NTB Zulkieflimansyah di Mataram, Jumat.

Ia menilai, peluang NTB untuk membuka jalur penerbangan dengan beberapa? maskapai asal Australia ke Lombok bisa saja dikakukan. Seperti halnya maskapai asal Australia, Jetstar yang sudah membuka penerbangan dari Australia ke beberapa tempat Indonesia.

"Mudah-mudahan ada kesempatan bicara dengan maskapai, seperti Jetstar untuk bisa turun dari Australia ke Lombok," ujarnya.

Allaster Cox, mengakui hubungan Australia dan Pemprov NTB sebetulnya sudah terjalin sejak lama dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, infrastruktur, dan kegiatan sosial lainnya. Termasuk, sektor pariwisata. Hal ini bisa dilihat dari kunjungan wisatawan asal Australia ke Lombok.

"Kami sangat aktif bermitra dengan NTB, seperti halnya kami membantu NTB dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, pendidikan, UMKM, dan pariwisata," jelasnya.

"Mudah-mudahan ada kesempatan investor Australia untuk meninjau dan bekerja sama khususnya di bidang prosesing dan bidang lain untuk masa yang akan datang," tambahnya.

Allaster Cox berharap kerjasama yang sudah terjalin selama ini dengan Pemprov NTB dapat terus dilanjutkan, bahkan ditingkatkan. Terlebih, pascabencana gempa bumi melanda NTB.

"Kami memiliki komitmen kuat untuk terus kerjasama khususnya pascagempa yang baru ini terjadi. Kita turut berbelasungkawa terhadap kejadian ini. Tapi sekarang waktunya rekontruksi dan rehabilitasi sudah kami prioritaskan bantuan kepada korban gempa," ucap Allaster Cox.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah berharap kedutaan besar Australia dapat membantu Pemprov NTB untuk membuka penerbangan langsung tersebut ke Lombok.

"Kami ingin sekali ada "direct flight" dari Australia untuk menumbuhkan pariwisata kita," kata Doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB.

Sebelumnya, pada 24 September 2013 maskapai asal Australia, Jetstar Airways membuka penerbangan langsung dari Perth ke Lombok. Maskapai berbiaya murah itu membuka empat kali penerbangan, yakni Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu, menggunakan pesawat Airbus A320. Namun, setahun kemudian tepatnya 16 Oktober 2014, Jetstar menutup penerbangannya ke Lombok, karena kesulitan keuangan.