Petani Lombok Barat juarai lomba irigasi nasional

id hari bhakti pu,pemkab lobar,lomba irigasi,lomba p3a

Petani Lombok Barat juarai lomba irigasi nasional

Bupati H Fauzan Khalid menyerahkan sertifikat tenaga terampil jasa konstruksi serta hadiah kepada para pemenang lomba operasi dan pemeliharaan daerah irigasi (P3A) tingkat nasional dalam kegiatan Peringatan Hari Bhakti PU ke-73 di Lombok Barat, NTB. (Foto Antaranews NTB/Ist)

Penilaian lomba dilakukan Juli lalu. Dan Lombok Barat tercatat sebagai juara pertama. Pemberian penghargaan akan dilakukan pada 5-6 Desember Oleh Kementerian Pekerjaan Umum
Lombok Barat, (Antaranews NTB) - Kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Erat Bambang, Desa Beleka, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, berhasil menjadi juara pertama lomba operasi dan pemeliharaan daerah irigasi (P3A) tingkat nasional.

"Penilaian lomba dilakukan Juli lalu. Dan Lombok Barat tercatat sebagai juara pertama. Pemberian penghargaan akan dilakukan pada 5-6 Desember Oleh Kementerian Pekerjaan Umum," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lombok Barat, I Made Arthadana usai apel peringatan Hari Bhakti PU ke-73 di Lombok Barat, Senin.

Kelompok P3A Erat Bambang, Desa Beleka, Kecamatan Gerung, merupakan binaan Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat.

Made mengatakan memasuki usia ke-73 tahun, Dinas PUPR Kabupaten Lombok Barat terus berbenah di segala bidang.

Di bidang sumber daya air misalnya, pihaknya terus mengoptimalkan penggunaan air melalui perbaikan masalah irigasi termasuk pola pengaturan, yaitu menambah jaringan irigasi yang terkoneksi dengan berbagai irigasi yang lain dan bisa digunakan secara optimal.

Di Kabupaten Lombok Barat, terdapat 25 irigasi dengan luas sawah irigasi mencapai 12 ribu hektare dengan total area seluas 15 ribu hektare.

"Dari 25 irigasi, dua irigasi merupakan kewenangan pusat dengan luas 3.000 hektare. Tiga irigasi menjadi kewenangan provinsi dan 20 ribu sisanya merupakan kewenangan kabupaten," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid berharap Dinas PUPR dapat lebih optimal melaksanakan percepatan di segala bidang. Baik dalam bidang infrastruktur maupun bidang sumber daya air dan infrastruktur lainnya.

"Dinas PUPR harus lebih mengkomunikasikan kebutuhan masyarakat dari tingkat dusun ke tingkat daerah, propinsi maupun tingkat pusat," katanya.

Sebagai intansi yang memiliki peran penting dalam pembangunan, Fauzan juga mengingatkan agar sinergitas dan kekompakan dengan instansi lain.

"Dinas PUPR harus terus bekerja sama dalam bekerja, baik dengan tim maupun dinas terkait. Dan tak lupa untuk terus menjaga kebersamaan dan menjaga rasa gotong-royong untuk kemajuan bersama," ucapnya pula.

Peringatan Hari Bhakti PU ke-73 juga dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat tenaga terampil jasa konstruksi dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba oleh Bupati H Fauzan Khalid.(*)