CRAIG INGIN CHRIS JOHN BERTARUNG DI AUSTRALIA

id



Jakarta (ANTARA) - Manajer dan pelatih Chris John, Craig Christian ingin laga berikutnya digelar di Australia dan tak lagi bertanding di Amerika Serikat.

"Untuk bisa menang kalau bertanding di Amerika Serikat akan sangat berat. Karena itu kami ingin pertarungan selanjutnya digelar di Australia," ujar Craig Christian.

Chris John yang berhasil mempertahankan gelar untuk ke-11 kalinya dengan menang angka atas Rocky Juarez pada 19 September atau saat umat Islam di Indonesia merayakan hari raya Idul Fitri pada Minggu pagi WIB telah kembali ke Indonesia pada Selasa sore.

Kedatangannya di Bandara Soekarno-Hatta disambut Mennegpora Adhyaksa Dault dan Chris John tiba dengan wajah yang masih lebam setelah ia menang dengan selisih 17 angka atas Juarez di Las Vegas.

Craig mengatakan, pihaknya merasa "kapok" bertanding di AS setelah Chris John yang kembali memenangkan kelas bulu (57,1 kilogram) itu harus bersusah payah saat bertarung melawan Juarez.

Menurutnya, perjuangan Chris John untuk mempertahankan gelar juara dunia untuk kali ke-12 nanti akan sangat berat sehingga ia tak ingin pertarungan berikutnya digelar di negeri Paman Sam.

Meski demikian Craig masih enggan untuk menyebutkan calon lawan berikutnya, hal mana pertarungan rencanannya akan digelar pada Desember mendatang dalam sebuah partai tambahan antara Roy Jones Jr vs Danny Green di Acer Arena, Sydney, Australia.

"Untuk calon lawan berikutnya belum bisa kami sebutkan sekarang. Kami tak akan mau bertanding lagi di AS kecuali yang diagendakan oleh Golden Boy Promotion," ujarnya.

Chris John terikat kontrak dengan Golden Boy Promotion milik petinju legendaris Amerika, Oscar de la Hoya. Selain Chris John, petinju Indonesia lainnya yang menjadi anggota Golden Boy adalah Daud Cino Yordan.

Chris John mengalami pengalaman pahit ketika untuk pertama kalinya bertarung di AS dinyatakan draw 114-114 oleh ketiga wasit yang memimpin pertandingan ketika ia berhadapan dengan Juarez pada Februari 2009. Menurut Craig, meski saat itu Chris John mendominasi pertarungan seperti juga disaksikan oleh pemirsa di Tanah Air melalui tayangan televisi namun ia tidak dinyatakan sebagai pemenang.

Pada pertarungan kedua Sabtu lalu kubu Chris John juga sempat khawatir setelah ia tak berhasil menjatuhkan Juarez hingga ronde ke-12. Bahkan pada dua ronde terakhir justru Juarez berbalik merepotkan Chris John.

Pada kesempatan itu Craig mengungkapkan Bali tengah dipertimbangkan pula sebagai lokasi alternatif duel petinju berjuluk "The Dragon" itu selanjutnya. Pemilihan Bali mengingat peran Zaenal Tayeb, pemilik sasana Mirah Silver Boxing Camp yang selama ini dekat dengan Chris John. (*)




Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2021