Roket hantam Zona Hijau di Baghdad, tak ada korban jiwa

id roket

Roket hantam Zona Hijau di Baghdad, tak ada korban jiwa

Roket SpaceX Falcon 9 lepas landas dengan kapal kargo Dragon, saat misi pengisian kembali ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Sabtu (4/5/2019). (REUTERS/THOM BAUR)

Mataram (ANTARA) -  Militer Irak mengatakan sebuah roket ditembakkan ke Zona Hijau Baghdad yang dijaga ketat, lokasi bagi sejumlah kedutaan besar asing dan gedung pemerintah, Minggu.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Sebuah ledakan terdengar di pusat kota Baghdad pada Minggu malam, kata wartawan Reuters. Hal yang serupa juga disampaikan oleh dua sumber diplomatik yang berbasis di Baghdad.

"Roket Katyusha jatuh di tengah-tengah Zona Hijau tanpa menimbulkan kerusakan", menurut penyataan singkat militer.

Peluncur roket Katyusha merupakan jenis artileri roket yang mampu mengirim bahan peledak ke sasaran jauh lebih cepat dibanding artileri konvensional, namun kurang akurat.

Kedutaan Besar AS di Baghdad dan konsulatnya di ibu kota wilayah Kurdistan Irak, Erbil mengevakuasi beberapa staf mereka pekan ini.

Pemerintahan Presiden Donald Trump mengatakan telah mengirim pasukan tambahan ke kawasan tersebut guna melawan yang menurutnya sebagai ancaman dari Iran terhadap kepentingan AS, termasuk dari milisi yang didukungnya di Irak.

Sumber: Reuters

Baca juga: Tiga roket hantam zona hijau di Baghdad
Baca juga: Irak: Oman akan buka kembali kedutaan besar di Baghdad
Baca juga: Blok Sadr kecam kehadiran tentara AS di Baghdad