JCH kloter tiga Mataram bergerak ke Mekkah

id haji,mataram,berangkat,Mekkah,antara,embarkasi,berhaji,naik haji,indonesia mataram,mataram indonesia,kloter,kesehatan haji

Jamaah calon haji Kota Mataram saat proses pelepasan di Kantor Wali Kota Mataram. (Foto: ANTARA News/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengatakan, jamaah calon haji Mataram yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) tiga Embarkasi Lombok, hari ini mulai bergerak ke Mekkah.

"Setelah selesai melaksanakan shalat sunah Arbain di Masjid Nabawi, Madinah, Alhamdulillah, jamaah calon haji kloter utuh Kota Mataram hari ini sudah berangkat ke Mekkah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Burhanul Islam di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan, setelah tiba di Tanah Suci Mekkah, jamaah kloter tiga akan langsung melaksanakan ibadah umrah wajib, kemudian menuju pemondokan di kawasan Aziziah sektor 5 Hotel Luk Lukat.

Jamaah kloter tiga akan bergabung dengan jamaah kloter satu dan dua Embarkasi Lombok, karena sistem pemondokan tahun ini terbagi sesuai dengan embarkasi sehingga lebih mudah untuk melakukan kontrol dan pengawasan.

"Pemondokan untuk Embarkasi Lombok ditetapkan di Aziziah yang jaraknya sekitar lima kilometer dari Masjidil Haram," katanya.

Meskipun jaraknya jauh, sambungnya, jamaah tidak perlu khawatir sebab ada bus yang siap antar jemput jamaah selama 24 jam, secara gratis.

Ia menilai, dengan sistem pemondokan yang terbagi sesuai embarkasi itu, Insya Allah jamaah dari kloter 1 sampai kloter 11 Embarkasi Lombok bisa bertemu dan bersilaturahim.

"Menurut informasi kondisi kesehatan jamaah pada kloter tiga, Alhamdulillah sehat walafiat termasuk sejumlah jamaah yang masuk kategori lansia dan risiko tinggi sudah mendapat perhatian dan pendampingan khusus," katanya.

Sementara terkait dengan 140 orang calon haji kloter 7, saat ini masih melanjutkan melaksanakan kegiatan shalat Arbain dan ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Madinah, begitu juga dengan jamaah calon haji kloter 9.

"Jamaah calon haji kloter sembilan, Alhamdulillah siang ini sudah mendarat di Madinah dan langsung melaksanakan salat sunah Arbain. 161 calon haji di kloter 9 semuanya lolos tes kesehatan sehingga bisa diterbangkan langsung," katanya menambahkan. ***3***

 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar