PANGKOOPSAU II: LANUD REMBIGA SELALU SIAP OPERASIONAL

id



          Mataram, 12/1 (ANTARA) - Panglima Komando Operasional  TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsekal Muda (Marsda) TNI Yushan Sayuti mengatakan, personil Lapangan Udara (Lanud) Rembiga, Nusa Tenggara Barat (NTB) harus selalu berada dalam kondisi siap operasional.

         "Lanud Rembiga yang berdekatan dengan kawasan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) dituntut untuk senantiasa siap operasional," ujarnya pada acara serah terima jabatan Danlanud Rembiga, di Mataram, Selasa.

         Jabatan Danlanud Rembiga diserahterimakan dari Letkol Pnb I Made Susila Adnyana kepada Letkol Pnb Antariksa Anondo yang disaksikan sejumlah pejabat seperti Kapolda NTB Brigjen Polisi Arief Wahyunadi dan Wakil Gubernur NTB H. Badrul Munir.

         Letkol Susila dipromosikan ke jabatan baru sebagai Kepala Sub Departemen Perencanaan Pelaksanaan Operasional (Kasubdeprenlakops) Departemen Operasional (Depops) Sekolah Staf Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau).

         Sementara Letkol Antariksa sebelumnya menjabat Komandan Skadkar II Wingkar di Yogyakarta sejak tahun 2008.  
    Pada kesempatan itu, Marsda Sayuti mengatakan, Lanud Rembiga merupakan bagian dari Koopsau II yang perannya menjadi sangat terasa karena merupakan Lanud alternatif di kawasan NTB dalam mendukung berbagai operasi penerbangan.

         Secara geografis, NTB merupakan daerah dengan karakteristik dan kekhasan tersendiri baik dari aspek sosial budaya maupun potensi kewilayahan.

         Karena itu, Lanud Rembiga dituntut untuk mampu mendayagunakan berbagai kekhasan itu dalam menunjang pembangunan daerah.

         "Kondisi ini perlu disadari dan dipahami seluruh prajurit dan personil di Lanud Rembiga dan saya perlu ingatkan pentingnya peranan TNI AU dalam mempertahankan dan menegakkan kedaulatan NKRI," ujarnya.

         Sayuti juga meningatkan Danlanud Rembiga yang baru beserta jajarannya untuk mampu bersinergi dengan pemerintah daerah, institusi polri dan satuan TNI lainnya serta berbagai komponen masyarakat.

         "Diharapkan keberadaan Lanud Rembiga dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pembangunan di wilayah NTB," ujarnya.(*)