Bupati KSB harapkan minat masyarakat konsumsi ikan meningkatkan

id Ikan,Sumbawa Barat

Bupati KSB harapkan minat masyarakat konsumsi ikan meningkatkan

Bupati Sumbawa Barat, H. W Musyafirin mengunjungi stand PKK kota Mataram pada lomba masak serba ikan tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat di pantai Balad Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Minggu (29/9/2019).

"Kreasi ibu-ibu dalam mengembangkan masakan serba ikan ini akan meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat khususnya anak-anak,”
Sumbawa Barat (ANTARA) - Bupati Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, HW Musyafirin mengharapkan ajang Lomba masak serba ikan tingkat Provinsi NTB dapat meningkatkan konsumsi ikan khususnya anak-anak.

“Ini adalah media untuk berinovasi dalam menyajikan makanan yang berbahan dasar ikan, sehingga kreasi ibu-ibu dalam mengembangkan masakan serba ikan ini akan meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat khususnya anak-anak,” kata Bupati KSB dalam acara lomba tersebut 
yang diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB di Pantai Balad, Sumbawa Barat, Minggu. 

Produksi ikan di NTB, sambung bupati, sangat berlimpah tetapi konsumsi ikan masih rendah bahkan secara nasional tingkat konsumsi ikan juga sangat rendah. Sehingga kegiatan lomba masak ikan ini dapat mendorong tingkat konsumsi ikan pada masyarakat terutama pada anak-anak. 

Sementara itu, Ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) KSB Hj Hanifah Musyafirin  mengatakan lomba masak ini adalah cara untuk mengajak dan memperkenalkan masyarakat bahwa makan ikan itu sangat penting, karena akan mencerdaskan anak bangsa.

“Hal ini juga akan memperkenalkan kepada masyarakat cara mengolah ikan agar enak dilihat sehingga menggugah minat untuk mengkonsumsinya. Kalau hanya dimasak secara utuh begitu kan biasa aja,” kata Hj. Hanifah

Kepala Dinas Perikanan NTB, Lalu Hamdi mengatakan ikan adalah makanan yang sangat penting khususnya untuk anak-anak. Protein, vitamin dan Omega Tiga yang terkandung dalam ikan akan memenuhi kebutuhan vitamin anak setiap hari bahkan bisa mencegah stunting.

“Mudah-mudah kegiatan ini terus mendorong kita untuk terus mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan kepada masyarakat sehingga menyehatkan masyarakat, mencerdaskan anak-anak kita,” kata lalu Hamdi.

Lomba masak serba ikan yang dimeriahkan juga dengan sepeda santai, senam sehat dan bazar  mendapat antusias  masyarakat KSB. Ribuan masyarakat datang untuk mengunjungi dan melihat keterampilan serta keunikan menu masakan  yang ditampilkan oleh ibu-ibu PKK dari seluruh kabupaten di NTB.