Peringatan Hari Ibu momentum eksistensi perempuan di sektor pembangunan

id hari ibu,mataram,momentun

Peringatan Hari Ibu momentum eksistensi perempuan di sektor pembangunan

Para peserta upacara peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019, tingkat Kota Mataram, Senin (23/12), terlihat anggun menggunakan kebaya dan pakaian adat tradisional. (Foto: ANTARA News/Humas)

Mataram (ANTARA) - Sesepuh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh mengatakan, peringatan Hari Ibu ke-91, diharapkan menjadi momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

"Dengan demikian, pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai agen penggerak atau 'agent of change'," katanya saat memimpin upacara Peringatan Hari Ibu ke-91 tingkat Kota Mataram di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin.

Kegiatan puncak upacara peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 di halaman Kantor Wali Kota Mataram berlangsung sangat istimewa, karena petugas upacara yang seluruhnya perempuan dan para peserta upacara tampak lebih anggun mengenakan kebaya serta busana tradisional.

Hj Suryani mengatakan, peringatan Hari Ibu tahun 2019 mengambil tema "Perempuan Berdaya Indonesia Maju" diharapkan perempuan Indonesia masa kini merupakan perwujudan dari perempuan yang sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya.

"Sumber daya yang dimaksudkan, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan lainnya," ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, pemerintah saat ini tidak bisa menutup mata tentang situasi dan kondisi perempuan Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakukan diskriminatif, dan lain-lain.

Menurutnya kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi, pelibatan semua unsur masyarakat dan para pemangku kepentingan, termasuk peran laki-laki dalam kampanye-kampanye atau gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan, dan pencapaian kesetaraan gender.

"Karenanya, kami bertahap peringatan Hari Ibu tahun ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan," katanya.

Upacara peringatan Hari Ibu ke-91 tingkat Kota Mataram itu, dihadiri Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, Wakil Wali Kota Mataram, Ketua DPRD Kota Mataram, Sekretaris Daerah Kota Mataram, Ketua GOW Kota Mataram, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Mataram serta segenap jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Mataram yang didampingi istri.

Puncak peringatan Hari Ibu dilanjutkan dengan defile antar-OPD dan organisasai wanita lainya yang disaksikan oleh jajaran tamu undangan yang hadir. Sebagai juara pertama di raih oleh Dinas PUPR, untuk juara II dan III di raih oleh Satpol PP dan DP3A, sedangkan juara favorit di raih oleh Setda Kota Mataram.