NTB LIBATKAN PELAJAR DESAIN LOGO VLS 2012

id

     Mataram, 28/2 (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melibatkan kalangan pelajar dalam mendesain logo Visit Lombok Sumbawa 2012, menggunakan fasilitas internet sebagai bagian dari upaya peningkatan wawasan informasi dan teknologi.  

     "Kami lombakan desain logo VLS 2012, silahkan buat logo itu dan pemenang I, II dan III akan diberi bonus istimewa," kata Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Badrul Munir, saat membuka sosialisasi Internet Sehat dan Aman (Insan) "Go Nusantara" yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Mataram, Selasa.

     Untuk pertama kalinya Kemkominfo menyosialisasikan program "Insan Go Nusantara" dan lokasinya di Kota Mataram. Selanjutnya di kota-kota lainnya di Indonesia.

     Pembukaan sosialisasi "Insan Go Nusantara" itu dihadiri Dirjen Aplikasi Telematika Kemkominfo Dr Ir Ashwin Sasongko, dan Staf Ahli Menkominfo Bidang Media Massa Dr Henry Subiakto SH MA.

     Sosialisasi yang melibatkan sejumlah konten provider yang beroperasi di wilayah NTB itu, lebih ditujukan kepada para pelajar di Kota Mataram, yang diikuti oleh 400 orang pelajar SD hingga SMA/SMK.

     Badrul memanfaatkan kehadiran ratusan pelajar itu untuk menawarkan perlombaan desian logo Visit Lombok Sumbawa (VLS) 2012. Logo itu harus menonjolkan makna promosi pariwisata unggulan daerah.

     Saat menawarkan perlombaan itu, ratusan pelajar langsung menyambut antusias dan mengacungkan tangan ketika ditantang oleh Wakil Gubernur NTB untuk mendesain logo tersebut.

     Badrul kemudian meminta kalangan pelajar itu untuk mengimpun informasi lebih lanjut di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) NTB, terkait syarat dan ketentuan lomba.

     "Ayo buktikan kalau bisa menggunakan internet untuk hal-hal positif, siapa yang paling kreatif akan diberi imbalan berupa bonus istimewa," ujarnya kepada 400-an orang pelajar SD hingga SMA/SMK yang menjadi peserta sosialisasi "Insan Go Nusantara" itu.

     Visit Lombok Sumbawa 2012 dengan target sebanyak satu juta wisatawan, diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Juli 2009, di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

     Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB mengklaim jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok dan Sumbawa serta pulau-pulau kecil (gili) sepanjang 2011 mencapai 886.880 orang, terdiri dari 522.684 orang wisatawan nusantara dan 364.196 orang wisatawan mancanegara.

     Menurut Kepala Disbudpar NTB Lalu Gita Aryadi, jumlah kunjungan wisatawan itu telah melampaui target kunjungan wisatawan 2011 sebanyak 850 ribu orang, atau meningkat sebesar 22,26 persen dari kunjungan wisatawan tahun sebelumnya yang mencapai 752.338 orang.

     Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke NTB itu juga dipengaruhi oleh kehadiran Bandara Internasional Lombok (BIL) yang beroperasi sejak 1 Oktober 2011, banyaknya even nasional dan internasional di Pulau Lombok, bertambahnya jumlah hotel dan arus investasi yang juga meningkat.

      Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, maka peningkatan jumlah kunjungan wisatawan setiap tahun cukup signifikan.

      Dengan peningkatan kunjungan wisatawan setiap tahun itu, mengindikasikan target program VLSdapat dicapai.

      "Kami optimistis target dan kebangkitan pariwisata NTB akan dapat dicapai, berkat dukungan semua pihak," ujar Gita. (*)