BI NTB Gelar Lomba Cerdas-Cermat Kebanksentralan tingkat Provinsi

id BI NTB

BI NTB Gelar Lomba Cerdas-Cermat Kebanksentralan tingkat Provinsi

Jajaran Kantor Perwakilan BI NTB foto bersama dengan pemenang lomba cerdas-cermat tingkat Pulau Sumbawa. (Ist) (1)

"Indeks pembangunan manusia NTB terus mengalami pertumbuhan yang baik, namun masih banyak ruang pengembangan yang bisa di eksplorasi"
Mataram (Antara NTB) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat akan menggelar lomba cerdas-cermat kebanksentralan antar siswa sekolah menengah atas tingkat provinsi pada November tahun 2016.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Prijono, di Mataram, Senin, menjelaskan tujuan lomba cerdas-cermat tersebut adalah untuk meningkatkan efektivitas transmisi kebijakan moneter sekaligus memacu pertumbuhan sumber daya manusia di NTB, melalui pembangunan jiwa kompetitif generasi muda.

"Lomba cerdas-cermat tingkat Provinsi NTB akan mempertemukan enam juara lomba cerdas-cermas kebanksentralan tingkat Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa," katanya.

Sebagai lembaga tinggi negara yang memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting dan krusial dalam sistem ekonomi Indonesia, BI perlu menempuh cara-cara yang inovatif dan menarik dalam melaksanakan sosialisasi kebanksentralan. Salah satunya, dengan lomba cerdas-cermat antar siswa SMA.

Cara itu dilakukan karena pendidikan menengah formal dinilai menjadi objek sosialisasi yang sangat baik mengingat generasi muda saat ini yang sangat aktif di media sosial dan status mereka sebagai tunas bangsa.

Dengan dilaksanakan model perlombaan dengan sistem penghargaan, kegiatan ini diharapkan mampu mendorong siswa untuk mempelajari ekonomi dan kebanksentralan, serta menginformasikannya kepada masyarakat di daerah.

Prijono menekankan bahwa inisiatif di bidang pendidikan sangat dibutuhkan dan perlu didukung pengembangannya sehubungan dengan tantangan yang dihadapi NTB di bidang sumber daya manusia.

"Indeks pembangunan manusia NTB terus mengalami pertumbuhan yang baik, namun masih banyak ruang pengembangan yang bisa di eksplorasi. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan semua pihak untuk menjawab tantangan ini," katanya.

Enam sekolah yang akan mengikuti lomba cerdas-cermat kebanksentralan, yakni SMAN 1 Selong dari Kabupaten Lombok Timur, SMAK Kesuma Cakranegara dari Kota Mataram, dan SMAN 1 Lembar dari Kabupaten Lombok Barat.

Sementara dari Pulau Sumbawa, yakni SMAN 4 Kota Bima, SMAN 1 Taliwang dari Kabupaten Sumbawa Barat, dan SMA Islam Terpadu Ranggo dari Kabupaten Dompu.

Kantor Perwakilan BI NTB berharap kepada seluruh siswa peserta lomba cerdas-cermat untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar mampu memberikan yang terbaik bagi sekolahnya masing-masing. (*)