PLN NTB pertahankan pencapaian proper biru dari Kementerian LHK

id PLN UIW NTB,Kementerian LHK,program proper

PLN NTB pertahankan pencapaian proper biru dari Kementerian LHK

General Manager PLN UIW NTB, Rudi Purnomoloka (kiri), bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya (kanan empat), dan para penerima penghargaan program "Proper" 2019, di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Minggu malam (8/3/2020). Foto Humas PLN UIW NTB

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat berhasil mempertahankan capaian tujuh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melalui program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, atau yang disebut dengan "Proper" tahun 2019.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah NTB, Lalu Gita Ariadi, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian LHK, RM Karliansyah, dan Ketua Dewan Pertimbangan Proper, Profesor Sudharto P. Hadi, di kawasan wisata Senggigi, pada Minggu (8/3).

"PLN terus berkomitmen untuk memenuhi peraturan perundangan terkait lingkungan. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan menciptakan energi yang  bersih dan ramah lingkungan," General Manager PLN UIW NTB, Rudi Purnomoloka.

Ketujuh unit di bawah PLN UIW NTB yang berhasil mempertahankan capaian proper  biru adalah Unit Layanan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (ULPL TD) Paokmotong, ULPL TD Ampenan, ULPL TD Taliwang, ULPL TD Labuhan, ULPL TD Dompu, ULPL TD Bima dan ULPL TD Bima – Unit Ni'u.

Sedangkan bagi PT Indonesia Power Unit Jasa Pembangkitan PLTU Jeranjang, penghargaan ini adalah merupakan yang pertama kalinya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder, khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam hal ini, atas dukungannya sehingga prestasi ini dapat kami pertahankan. Tentunya tanpa dukungan dari semua pihak, upaya kami untuk melistriki NTB dengan berwawasan lingkungan akan sulit terwujud," ujar Rudi.

Penghargaan proper biru ini sendiri bukan merupakan yang pertama kalinya diraih oleh PLN UIW NTB. Sejak tahun 2012, PLN UIW NTB selalu  ikut serta dalam program penilaian kinerja perusahaan tersebut.

"Selama 7 tahun PLN UIW NTB berhasil mempertahankan perolehan proper biru ini. Ke depan, kami akan terus berkomitmen untuk lebih meningkatkan kinerja, agar pengelolaan lingkungan semakin lebih baik," kata Rudi.

Proper biru merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan atas upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku atau telah memenuhi semua aspek yang dipersyaratan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.