Positif COVID-19 NTB bertambah 18 orang setelah sempat menurun

id Virus Corona,COVID-19,NTB

Positif COVID-19 NTB bertambah 18 orang setelah sempat menurun

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas COVID-19 Provinsi NTB, HL Gita Ariadi. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Nusa Tenggara Barat kembali bertambah 18 orang pada Selasa (19/5) setelah beberapa hari terakhir menurun.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas COVID-19 Provinsi NTB, HL Gita Ariadi, mengatakan dari 230 sampel yang diperiksa di Laboratorium RSUD Provinsi NTB, Laboratorium RS Unram, dan Laboratorium Genetik Sumbawa Technopark, hasilnya 194 sampel negatif, 18 sampel positif ulangan, dan 18 sampel kasus baru positif COVID-19.

"Mereka ini berasal dari Kota Mataram enam orang, Lombok Barat enam orang, tiga orang dari Sumbawa Barat, satu orang dari Lombok Utara dan dua orang dari Lombok Timur," ujarnya.

Selain pasien positif, kata Sekda NTB itu, juga terdapat penambahan delapan orang warga NTB yang sembuh dari COVID-19 setelah pemeriksaan laboratorium swab dua kali dan keduanya negatif. Mereka itu, di antaranya pasien nomor 50 inisial BSD berusia 36 tahun warga Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram.

Selanjutnya, pasien nomor 51 inisial LEP berusia 33 tahun warga Kelurahan Brangbiji, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa. Pasien nomor 101 inisial KM, berusia 22 tahun warga Kelurahan Ampenan Tengah, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.

Kemudian, pasien nomor 117 inisial HAG berusia 51 tahun warga Desa Perampuan, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Pasien nomor 257 inisial AA berusia usia 16 tahun, penduduk Desa Barebali, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah.

Pasien nomor 287 inisial SI berusia 59 tahun warga Desa Senteluk, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.Pasien nomor 289 inisial MYS berusia 14 tahun warga Desa Senteluk, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Pasien nomor 292 inisial W berusia 25 tahun warga Kelurahan Panjisari, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah.

"Dengan adanya tambahan 18 kasus baru terkonfirmasi positif, delapan tambahan sembuh baru, dan tidak ada kematian baru, maka jumlah kasus positif COVID-19 di NTB sampai hari ini sebanyak 392 orang, dengan perincian 244 orang sudah sembuh, tujuh meninggal dunia, serta 141 orang masih positif dan dalam keadaan baik," jelas Gita.

Karena itu, untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan COVID-19, petugas kesehatan tetap melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif.

Sebelumnya, dalam beberapa hari terakhir kasus positif COVID-19 NTB mengalami penurunan seperti pada Senin (18/5) kasus positif hanya terdapat tiga orang, selanjutnya pada Minggu (17/5) terdapat enam orang, dan pada Sabtu (17/5) terdapat enam orang positif COVID-19.