Wali Kota Liverpool mendukung Derbi Merseyside di Goodison Park

id liverpool,everton,liga inggris,liga premier,wali kota liverpool,joe anderson

Wali Kota Liverpool mendukung Derbi Merseyside di Goodison Park

Suasana di luar markas Everton, Stadion Goodison Park, di Liverpool pada 17 Mei 2020. (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Liverpool Joe Anderson mendukung penyelenggaraan Derbi Merseyside edisi kedua Liga Premier Inggris musim 2019/20 di markas Everton, Stadion Goodison Park, ketimbang harus dipindahkan ke arena netral.

Derbi Merseyside antara Everton kontra Liverpool menjadi salah satu laga yang sampai saat ini belum ditentukan lokasi penyelenggaraannya dalam jadwal baru rilisan Liga Inggris menjelang kelanjutan musim 2019/20 setelah tertangguhkan sejak pertengahan Maret karena pandemi COVID-19.

Pasalnya, pihak kepolisian Inggris sempat menyatakan bahwa pertandingan terjadwal tanggal 21 Juni itu perlu dialihkan ke arena netral demi mencegah berkerumunnya suporter kedua tim di luar stadion yang berarti melanggar aturan praktik jaga jarak pencegahan COVID-19.

Namun, menurut Anderson kini otoritas keamanan di wilayahnya sudah mampu untuk menciptakan lingkungan yang cukup aman sehingga Everton dan Liverpool tak perlu mencari-cari lokasi lain.

"Kita sekarang sudah dalam keadaan yang lebih baik dibandingkan empat pekan lalu dan cukup mampu memahami pentingnya tidak ada kerumunan orang di luar stadion," kata Anderson kepada The Athletics sebagaimana dilansir Reuters, Senin WIB.

Anderson, yang tidak pernah menyembunyikan identitasnya sebagai suporter Everton itu, mengaku sudah banyak berkomunikasi dengan dua klub Merseyside dan para suporternya terkait pentingnya menjaga kondisi agar tetap kondusif.

"Beberapa waktu terakhir kami berkesempatan untuk berbicara dengan suporter dan kedua klub juga sudah melakukan perannya untuk terus menyiarkan pesan agar suporter menjauhkan diri. Kedua klub sudah jelas menyatakannya, termasuk Juergen Klopp," ujarnya.

"Jadi saya rasa tak ada alasan untuk menolak pertandingan dimainkan di markas klub-klub kota kami, baik itu derbi Merseyside di Goodison Park maupun laga-laga kandang Liverpool," katanya melengkapi.

Anderson bahkan menyatakan bahwa pihak kepolisian Merseyside sudah menyetujui apabila Derbi Merseyside digelar di Goodison Park.

"Kepolisian Merseyside sudah mendukung penyelenggaraan derbi di sini dan mereka akan bertanggung jawab mengamankan situasi di luar stadion demi memastikan praktik jaga jarak tetap berjalan," pungkasnya.

Derbi Merseyside bakal berperan lebih nantinya, sebab Liverpool dalam perjalanan untuk menyudahi paceklik gelar juara Liga Inggris tiga dekade lamanya.

Liverpool saat ini berada di puncak klasemen dengan koleksi 82 poin atau unggul 25 poin dan hanya butuh enam poin untuk memastikan gelar juara.

Bahkan jika Manchester City (57), yang dijadwalkan main lebih awal untuk laga tunda mereka pada 17 Juni, kalah melawan Arsenal maka Liverpool bisa memastikan gelar juara dengan mengalahkan Everton.