PEMKAB LOBAR KERAHKAN TANGKI AIR KE LOKASI BENCANA

id




          Lombok Barat, NTB,  (ANTARA)- Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Menang-Mataram mengerahkan dua mobil tangki air ke lokasi banjir di Dusun Karang Telaga, Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar.

         "Dua armada yang membawa tangki air bersih itu masing-masing kita tempatkan di RT I dan RT III yang menjadi titik lokasi banjir di Dusun Karang Telaga," kata Direktur Utama PDAM Lombok Barat, H Suhaily di Desa Senteluk (21/9).

          Menurut dia, satu unit mobil tangki tersebut berkapasitas 4.000 liter yang diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan bagi 88 kepala keluarga (kk) yang kini menjadi korban banjir.

          "Namun demikian jika jumlah itu dinilai kurang, kita siap  mendrop kebutuhan air bersih sesuai kebutuhan korban banjir. Apalagi untuk mobilisasi ke lokasi tidak ada gangguan sehingga memudahkan penyaluran air non perpiaan ke sasaran," katanya.

          Ia mengatakan, upaya penyediaan air bersih di lokasi banjir menjadi prioritas, mengingat dalam kondisi seperti saat ini warga tentu akan kesulitan mendapatkan air bersih baik untuk dikonsumsi maupun untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak.

          "Apalagi seperti yang dilihat di lokasi, sejumlah sumur warga juga terendam banjir, dan sudah tentu air sumur itu tidak kayak lagi digunakan untuk memenuhi kebutahan warga," katanya.

           Suhaily berharap dengan adanya ketersediaan dua unit mobil tangi tersebut dapat memenuhi kebutuhan warga, hingga kondisi air di tempat mereka kembali normal.(*)