MENDAGRI BERHARAP SULSEL JADI INSPIRASI PROVINSI LAIN

id



         Makassar, 19/10 (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Makassar, Selasa, mengharapkan prestasi yang diraih oleh Provinsi Sulawesi Selatan menjadi inspirasi bagi provinsi lain.
        Harapan tersebut menjadi alasan penyelenggaraan rapat kerja gubernur se-Indonesia di Makassar.
        "Perekonomian Sulsel tumbuh sangat bagus, daftar tunggu hajinya banyak, investor tidak akan berani kalau daerah ini tidak punya prospek berdasar kajian ekonomi pengusaha," ujarnya.  
       Dengan berkumpulnya seluruh gubernur di kota ini diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi bagi provinsi lain.
        Pertumbuhan pertaniannya juga sangat baik dengan surplus dua juta ton beras.
        "Itu semua prestasi daerah ini yang pantas kita kunjungi bersama-sama," ujarnya.
        Sejumlah agenda pokok yang akan dibahas pada raker gubernur 19-20 Oktober 2010 adalah tugas pokok dan fungsi kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan umum berdasarkan NKRI, Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika termasuk memelihara ketentraman dan ketertiban.
        "Kita ingin peristiwa konflik di daerah yang belakangan terjadi bisa diantisipasi secara dini oleh pemda," katanya.
        Selain itu, kondisi cuaca buruk yang diprediksi akan berlangsung hingga Februari 2011, semua daerah bisa waspada dengan melakukan persiapan untuk menanggulangi bencana, mengatur musim tanam.
        Selain itu sosialisasi program-program kementerian lainnya tentang perumahan, kehutanan, perencanaan pembangunan nasional, infrastruktur, pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.
        "Semua ini akan disampaikan ke seluruh gubernur sebagai wakil pemerintah pusat sesuai Peraturan Pemerintah 19 tahun 2010," ujarnya. (*)