PLN NTB meringankan biaya penyambungan bagi warga daerah 3T

id PLN UIW NTB,Layanan Sambung Baru,Diskon Sambung Baru

PLN NTB meringankan biaya penyambungan bagi warga daerah 3T

Salah satu rumah pelanggan PLN yang sudah tersambung listrik dengan biaya relatif murah. (ANTARA/HO/PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat memberikan keringanan biaya penyambungan baru warga yang tinggal di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) sebagai upaya membantu pemerintah memulihkan ekonomi masyarakat terdampak pandemi.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran, mengatakan potongan biaya penyambungan untuk layanan pasang baru khusus bagi calon pelanggan yang terdaftar dalam basis data terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), termasuk di daerah 3T.

"Dengan program tersebut, calon pelanggan yang memenuhi kriteria akan memperoleh diskon sebesar 50 persen untuk layanan pasang baru dan berlaku bagi calon pelanggan tarif rumah tangga daya 450 dan 900 volt ampere (VA)," kata Lasiran melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Kamis.


Ia mengatakan pemberian keringanan biaya layanan pasang baru juga dalam rangka pencapaian rasio elektrifikasi nasional yang menjadi prioritas PLN. Hal tersebut dikarenakan listrik menjadi salah satu tolak ukur dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Khusus di NTB, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 63 tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal tahun 2020-2024, hanya satu kabupaten yang masuk dalam kategori daerah 3T, yaitu Kabupaten Lombok Utara.

Sebelumnya, melalui Peraturan Presiden Nomor 131 tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal tahun 2015-2019, tercatat sebanyak delapan kabupaten yang masuk kategori daerah 3T.


Lasiran menyebutkan sebanyak 22.463 pelanggan telah dilayani sambungan baru hingga 22 Oktober 2020. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena PLN terus berkomitmen untuk melistriki masyarakat, khususnya yang berada di daerah 3T.

"Program diskon layanan pasang baru berlaku hingga Desember 2022. Silakan masyarakat memanfaatkan program tersebut dengan sebaik mungkin," kata Lasiran.

Proses pendaftaran pasang baru dapat dilakukan melalui website PLN, www.pln.co.id, Contact Center PLN 123 atau datang ke kantor layanan PLN.

Moch Syaiful, salah satu pelanggan di Desa Talapiti, Kabupaten Bima, yang telah melakukan pasang baru daya 450 VA mengungkapkan rasa syukurnya atas adanya program potongan biaya layanan pasang baru dari PLN.