DLHK bersama IAGI bersih-bersih sampah di Pulau Kenawa

id NTB,Pulau Kenawa,Bersih-Bersih Sampah,DLHK NTB,IAGI NTB,DLHK bersama IAGI bersih-bersih sampah,bersih-bersih sampah di P

DLHK bersama IAGI bersih-bersih sampah di Pulau Kenawa

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) NTB dan mahasiswa Fakultas Pertambangan Universitas Cordova mengumpulkan sampah di destinasi wisata Pulau Kenawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Minggu (8/11/2020). (ANTARA/Humas Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Nusa Tenggara Barat bersama Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan mahasiswa Fakultas Pertambangan Universitas Cordova melakukan bersih-bersih sampah di destinasi wisata Pulau Kenawa, Kabupaten Sumbawa Barat.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan DLHK NTB Firmansyah mengatakan kegiatan ini upaya DLHK memastikan bahwa semangat zero waste (bebas sampah) makin melekat pada kelompok-kelompok masyarakat, salah satunya mahasiswa.

"Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari program "zero waste goes to campus," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Minggu.

Ia menyampaikan Pulau Kenawa merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSN) dan lokasinya masuk dalam salah satu desa wisata.

"Kita ingin agar "zero waste" bisa terintegrasi dengan program desa wisata," katanya.

Ketua IAGI NTB Kusnadi menyatakan bahwa IAGI goes to KSB ini merupakan contoh kolaborasi luar biasa antara program "zero waste" dengan program-program lainnya.

"Kami berharap agar kegiatan kolaborasi semacam ini akan terus terjadi pada seluruh program prioritas," ucap Kusnadi.

Ia mengatakan IAGI siap mendukung Pemerintah Provinsi NTB secara penuh dalam menyukseskan program "zero waste".

Perwakilan Universitas Cordova, Trisman, menyebutkan bahwa Universitas Cordova ingin menjadi yang terdepan dalam mendukung program "zero waste".

"Akademisi dan mahasiswa Universitas Cordova akan mendorong dan terlibat aktif untuk membangun destinasi wisata berbasiskan geologi dengan memastikan prinsip "zero waste" sebagai upaya kelola lingkungan," katanya.

Selain DLHK, IAGI, dan mahasiswa Universitas Cordova, kegiatan bersih-bersih sampah di Pulau Kenawa juga melibatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KSB, BKSDA NTB, dan KNPI KSB.