SISTEM PENDIDIKAN HARUS SIAP HADAPI TANTANGAN GLOBAL

id

Karawang (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Ginandjar Kartasasmita, mengatakan, sistem pendidikan di Indonesia harus disiapkan untuk menghadapi tantangan global, karena tanpa sistem pendidikan yang baik, bangsa Indonesia akan terus terpuruk.

"Pendidikan seharusnya mampu mengelola dan memunculkan kader bangsa dengan bekal pengetahuan agama dan masalah sosial ekonomi yang besar," kata Ginandjar, di sela acara Seminar Pendidikan Nasional yang digelar Persatuan Guru Madrasah (PGM) Kabupaten Karawang, di Karawang, Jabar, Sabtu.

Dikatakannya, pergantian rezim sering memunculkan perbedaan dalam pengelolaan pendidikan nasional, sehingga orientasi pendidikan menjadi tidak jelas dan kabur.

Sedangkan permasalahan kualitas pengajar yang rendah, faktor geografis, anggaran pendidikan, dan minimnya kesadaran masyarakat seringkali dijadikan alasan para pemangku kebijakan terkait merosotnya pendidikan nasional.

Menurut dia, untuk menciptakan standar pendidikan nasional yang diharapkan, pemerintah harus mampu menyediakan guru/tenaga pengajar yang berkualitas, sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, serta dukungan organisasi sekolah yang kuat.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Pemkab Karawang, Endang Soemantri, mengatakan, seminar yang diselenggarakan PGM Karawang itu hendaknya tidak hanya sekadar pembahasan, tapi bisa ditindaklanjuti dengan pelaksanaan sehari-hari.

"Untuk di Karawang, Pemkab sudah melakukan penuntasan buta aksara, kursus baca tulis Alquran bagi murid SD, serta pembebasan biaya dana sumbangan pendidikan tingkat SD, SMP, dan SMA," katanya.(*)