Produsen oksigen dan RS Darurat COVID-19 apresiasi keandalan listrik PLN

id PT PLN,PT Air Liquide,Penanganan COVID-19

Produsen oksigen dan RS Darurat COVID-19 apresiasi keandalan listrik PLN

Direksi PLN melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlet, dan Pabrik oksigen PT Air Liquide. (ANTARA/HO-PLN)

Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) konsisten memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menghadirkan keandalan listrik di tengah pandemi COVID-19. Memperingati Hari Pelanggan Nasional 2021, direksi PLN melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlet, dan Pabrik oksigen PT Air Liquide, untuk memastikan pasokan listrik tercukupi.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril memastikan kepada manajemen RSDC maupun Air Liquide, bahwa PLN siap mendukung pasokan listrik di dua tempat tersebut agar tetap bisa melayani masyarakat secara maksimal.

"Kami di PLN berkomitmen akan terus menghadirkan pelayanan listrik yang andal bagi semua masyarakat agar bisa menghadapi pandemi ini. Dukungan dari RSDC dan Air Liquide memotivasi kami untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi dalam melayani pelanggan dan masyarakat Indonesia," ujar Bob, Sabtu (4/9/2021).

Selain memastikan pasokan listrik di dua tempat tersebut aman. Kunjungan yang dilakukan PLN ini merupakan salah satu cara PLN untuk meningkatkan keeratan hubungan PLN dengan pelanggan, khususnya Industri yang menunjang sektor kesehatan.

Director of Business Large Industries PT Air Liquide Indonesia Maulana Himawan ikut mengapresiasi kinerja PLN dalam melayani kebutuhan pelanggan. "Kami sangat puas terhadap pelayanan PLN, sangat responsif, dan mengutamakan kepentingan pelanggan. Kami sangat percaya terhadap keandalan PLN," ujar Maulana.

Apresiasi yang sama diutarakan Koordinator Opersional RSDC Wisma Atlet, Kolonel dr Abdul Alim. Alim berterima kasih atas dukungan yang diberikan PLN selama ini.

Ia pun memastikan pasokan listrik yang ada untuk RSDC selama ini cukup dan tanpa kendala. "Saya sebagai pelanggan terima kasih atas dukungan, perhatian PLN kepada RSDC.

Selama ini tidak ada masalah listrik. Berkat dukungan PLN dan pimpinan PLN mudah mudahan PLN semua rekan rekan diberikan kesehatan untuk mengawal RSDC dan masyarakat lainnya," ujar Alim.

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Evy Haryadi berharap momentum ini dapat meningkatkan keeratan hubungan kami dengan pelanggan, khususnya sektor kesehatan, yakni RSDC Wisma Atlet “Ini kita lakukan agar dapat mewujudkan Indonesia yang tangguh dan tumbuh,” ujar Evy.

Selain mendukung pasokan kelistrikan, PLN juga memberikan pasokan oksigen medis yang diproduksi oleh PLN sendiri melalui anak usahanya PT PJB, dan PT Indonesia Power. Evy berharap produksi oksigen tersebut banyak membantu masyarakat yang membutuhkan dan dapat menekan lonjakan harga jual oksigen yang beredar.

Terlebih agar dapat menjaga kestabilan pasokan oksigen ke rumah sakit seperti halnya RSDC Wisma Atlet itu sendiri.

RSDC Wisma Atlet merupakan fasilitas kesehatan yang dihadirkan pemerintah dalam rangka penanganan pandemi COVID-19. Terdiri dari 10 tower yang difungsikan sebagai rumah sakit, per 1 September 2021 tercatat 1.055 pasien yang masih harus dirawat. RSDC memiliki ketersediaan 7.894 bed yang saat ini terpakai 13 persen.

PLN mendukung pelayanan kesehatan di RSDC Wisma Atlet dengan suplai listrik yang andal dari 4 gardu yang dimiliki. Termasuk memberikan dukungan pasokan oksigen yang dihasilkan dari pengolahan produk sampingan pembangkit berbasis gas milik mereka.

Dengan pemakaian 33 MWh sepanjang tahun berjalan ini, RSDC Wisma Atlet menjadi kontributor pemakaian listrik terbesar dalam rangka penangulangan COVID-19 di Indonesia.

Sedangkan PT Air Liquide merupakan salah satu pelanggan strategis PLN. Apalagi perusahaan tersebut berperan dalam produksi oksigen yang turut membantu penanganan COVID-19.