Sebanyak 34 calon PMI Mataram tujuan Hongkong siap diberangkatkan

id disnake,matram,pmi

Sebanyak 34 calon PMI Mataram tujuan Hongkong siap diberangkatkan

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram H Rudi Suyawan. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebutkan, 34 orang calon pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kota Mataram siap diberangkatkan ke negara tujuan Hongkong.

"Sebanyak 34 calon PMI tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dan identitas (ID) dari kami. Jadi mereka tinggal menunggu jadwal pemberangkatan dari masing-masing perusahaan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram H Rudi Suyawan di Mataram, Rabu.

Sebenarnya, kata Rudi, calon PMI yang sudah mendapatkan rekomendasi dan ID dari Disnaker Kota Mataram sebanyak 49 orang dan negara tujuan terbanyak adalah Hongkong yakni 34 orang, sisanya ke Singapura, Italia, Polandia dan Saudi Arabia.

"Hanya saja negara yang baru membuka penerima PMI di tengah pandemi COVID-19 baru Negara Hongkong dan Singapura. Tapi yang sudah siap adalah PMI dengan tujuan Hongkong," katanya.

Akan tetapi, pihaknya belum mengetahui pasti pada PMI tujuan Hongkong tersebut akan diberangkatkan, sebab informasinya saat ini mereka masih mengikuti pelatihan dari masing-masing perusahaan.

Pasalnya, puluhan PMI asal Kota Mataram tersebut rata-rata akan bekerja pada sektor informal dan asisten rumah tangga.

"Secara administrasi di kami sudah selesai. Jadi kita berharap, mereka bisa segera diberangkatkan," katanya.