Liverpool menghentikan rentetan nirkalah Arsenal

id liga inggris,liverpool,arsenal,sadio mane,diogo jota,mohamed salah,takumi minamino

Liverpool menghentikan rentetan nirkalah Arsenal

Penyerang Liverpool Sadio Mane (kiri) melakukan selebrasi di hadapan rekannya Takumi Minamino seusai mencetak gol ke gawang Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (20/11/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/ACTION IMAGES/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool menghentikan rentetan nirkalah Arsenal dengan membungkam tamunya itu lewat kemenangan 4-0 dalam laga pekan ke-12 Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Gol-gol Sadio Mane, Diogo Jota, Mohamed Salah dan Takumi Minanimo menyudahi rentetan nirkalah Arsenal terhenti di angka tujuh pertandingan saja.

Liverpool juga mendapat suntikan kepercayaan diri lagi mengingat sebelum jeda internasional mereka menelan kekalahan perdana.

Tim besutan Juergen Klopp itu naik ke posisi kedua klasemen sementara melewati Manchester City dan West Ham United berbekal keunggulan selisih gol, meski tiga tim itu sama-sama mempunyai 23 poin.



Namun, posisi Liverpool belum aman sebab City baru akan main pada Minggu malam nanti menjamu Everton di Etihad.

Sedangkan Arsenal harus menunda ambisi menembus empat besar dan tertahan di posisi kelima masih dengan 21 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Aaron Ramsdale yang tampil gemilang sejak diberi kepercayaan jadi kiper utama oleh Mikel Arteta tampaknya akan menorehkan rekor baru bagi Arsenal, yakni empat laga tandang beruntun nirbobol.



Pasalnya, kiper jebolan akademi Sheffield United itu melakukan setidaknya empat penyelamatan luar biasa untuk mementahkan peluang-peluang Liverpool dari Mane, Salah dan Trent Alexander-Arnold dalam 37 menit pertama.

Namun, dua menit kemudian asa rekor baru itu runtuh saat lini belakang Arsenal gagal mengawal pergerakan Mane yang mampu menanduk umpan tendangan bebas Alexander-Arnold untuk memperdaya Ramsdale dan membawa Liverpool memimpin.

Arsenal berusaha langsung membalas, tetapi tembakan jarak jauh Albert Lokongan masih mengarah lurus ke pelukan kiper Alisson Becker dan keunggulan 1-0 Liverpool bertahan hingga turun minum.

Setelah mengawali babak pertama dengan agak terlambat panas, Liverpool tampil berbeda di paruh kedua dan mampu menggandakan keunggulan melalui aksi Jota pada menit ke-52.



Berawal dari blunder Nuno Tavares di area pertahanan Arsenal, Jota sukses mengelabui Ben White dan Ramsdale sebelum menyarangkan bola ke gawang yang menganga.

Arsenal yang kesulitan menembus pertahanan Liverpool menemukan celah kecil lewat umpan terobosan Alexandre Lacazette yang bisa dikejar dan diselesaikan oleh kapten Pierre-Emerick Aubameyang, tapi Alisson unjuk gigi mengamankan gawang tuan rumah dengan kakinya.

Ambisi Arsenal menyerang tak dibarengi kesolidan lini belakang mereka, sehingga dua umpan sundulan dari Kostas Tsimikas dan Jota membuat Mane punya ruang lebar merangsek ke dalam kotak penalti sebelum mengirim bola ke mulut gawang dan diselesaikan oleh Salah demi menambah keunggulan Liverpool 3-0 pada menit ke-73.



Arsenal belum sepenuhnya habis Thomas Partey berusaha melepaskan tembakan melengkung ke pojok kanan atas gawang, sayang bola masih terlalu dekat untuk ditepis Alisson keluar lapangan.

Pada menit ke-77, Minamino yang baru hitungan puluhan detik masuk ke dalam lapangan menggantikan Jota langsung ikut mengoyak gawang Arsenal memanfaatkan umpan tarik manis kiriman Alexander-Arnold.

Keunggulan 4-0 membuat Klopp memberi kesempatan kepada talenta berusia 19 tahun Tyler Morton melakoni debutnya di Liga Premier menggantikan Thiago Alcantara pada menit ke-84.

Meski tak melakukan banyak kontribusi, Morton tentu akan mengingat debutnya ini sebab Liverpool menutup laga dengan kemenangan 4-0 yang menandai torehan nirbobol pertama mereka dalam tiga pertandingan kandang terakhir.

Kedua tim akan melakoni pertandingan lanjutan pada Sabtu (27/11) pekan depan, saat Liverpool menjamu Southampton di Anfield dan Arsenal menanti kedatangan Newcastle United di Emirates.

Sebelum itu, pada Rabu (24/11), Liverpool akan tampil di laga Liga Champions menjamu Porto, yang sudah tak berarti apapun sebab mereka sudah lolos ke 16 besar sebagai juara Grup B.