Dishub NTB menilai transportasi selama WSBK Mandalika sukses

id NTB,Dishub NTB,WSBK Mandalika,Lombok

Dishub NTB menilai transportasi selama WSBK Mandalika sukses

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Barat menilai transportasi selama perhelatan World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 19-21 Nopember berjalan lancar dan sukses.

"Secara umum penyelenggaraan WSBK di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sukses, termasuk di sektor transportasi," kata Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal pada rapat evaluasi transportasi WSBK Mandalika 2021 dan menyambut MotoGP 2022 di Mataram, Kamis.

Kegiatan dihadiri Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo, Ketua Organda NTB H Junaidi Kasum, Perwakilan Angkasa Pura BIZAM, perwakilan ITDC, Ketua Assosiasi Driver Online (ADO) Yudi Muchlis, dan para pelaku jasa transportasi.

Faozal mengatakan, penyelenggaraan transportasi WSBK Mandalika sudah sangat optimal. Lima koridor yang ditetapkan seperti Mataram-Mandalika, Lembar-Mandalika, BIZAM-Mandalika, Bangsal Mandalika, dan Kayangan - Mandalika berjalan baik dan lancar.

"Semua penumpang WSBK terlayani dengan baik, dan cukup banyak testimoni positif yang kami terima. Kita juga tercatat zero accident," ujarnya.

Selain itu, manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) WSBK Mandalika yang disiapkan juga mampu mengantisipasi kemacetan lalu lintas di sepanjang koridor menuju kawasan Mandalika.

"Tentu dalam menyambut MotoGP Mandalika 2022, persiapan akan lebih kita tingkatkan lagi bersama stakeholders perhubungan lainnya. Karena jumlah penonton bisa lebih banyak dan arus transportasi pun diperkirakan pasti meningkat," katanya.

Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Djoni Widodo mengatakan, dalam event WSBK Mandalika, strategi rekayasa lalu lintas sangat membantu kelancaran arus lalu lintas baik saat penonton berangkat maupun pada saat kembali .

"Traffic Manajemen kami pantau melalui Command Center yang kami sediakan di Posko Mandalika dengan pantauan CCTV di beberapa titik," kata Djoni Widodo.

Ia menjelaskan, selama kegiatan WSBK Mandalika petugas gabungan juga melakukan penyekatan jalan masuk menuju area balapan di kawasan Mandalika.

"Jumlah personel yang akan dilibatkan 3.600 termasuk anggota Polres jajaran, anggota TNI, Dinas Perhubungan di-backup personel dari Mabes Polri sebanyak 408 personel," katanya.

Menurutnya, keberhasilan di WSBk Mandalika ini menjadi indikator penting bagi kesiapan NTB menyambut gelaran lebih besar MotoGP Mandalika yang diproyeksi akan digelar pada Maret 2022 mendatang.

Hal yang sama disampaikan Ketua Organda NTB, H Junaidi Kasum. Menurutnya, penyelenggaraan transportasi WSBK Mandalika secara umum sukses. Ukurannya adalah keamanan dan kenyamanan penonton yang terlayani dengan baik.

Hanya saja, papar dia, ada beberapa hal teknis di WSBK Mandalika yang harus menjadi atensi nantinya dalam gelaran MotoGP 2022.

"Masalah teknis seperti jadwal keberangkatan bus transportasi dari lima koridor yang harus 30 menit sekali, namun masyarakat atau penonton tidak sesuai jadwal sehingga sempat terjadi penumpukan," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021